Kemarin, Indonesia masuk "supercycle" hingga biaya tambah daya listrik

id Sri mulyani, menkeu, pln, tambah daya, ka bandara yogyakarta, ka bandara, lelang sukuk, harga komoditas naik,mendag, pertumbuhan ekonomi, kontraksi ek

Kemarin, Indonesia masuk "supercycle" hingga biaya tambah daya listrik

Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan jalur KA layang Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulonprogo, Yogyakarta, Selasa, 6/4/2021. ANTARA/Ahmad Wijaya

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (6/4) mulai dari Indonesia akan memasuki periode supercycle di masa pandemi COVID-19, yakni harga beberapa komoditas akan naik secara signifikan hingga keringanan biaya tambah daya listrik dari PLN.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Harga komoditas dasar naik, Mendag: RI masuki periode "supercycle"

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebut bahwa Indonesia akan memasuki periode supercycle di masa pandemi COVID-19, yakni harga beberapa komoditas akan naik secara signifikan.

"Indonesia akan memasuki periode supercycle, dimana harga beberapa komoditas akan naik secara signifikan, terutama komoditas dasar, yang diakibatkan pertumbuhan ekonomi baru dari permintaan yang terjadi di masa pandemi dan setelah pandemi," kata Mendag.

 

2. Lelang sukuk serap Rp7,34 triliun

Pemerintah menyerap dana Rp7,34 triliun dari lelang enam seri Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk negara dengan total penawaran yang masuk sebesar Rp14,55 triliun.

Keterangan pers dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan hasil lelang sukuk ini mendekati target indikatif Rp10 triliun.

 

3. Jalur layang KA Bandara Yogyakarta beroperasi Agustus tahun ini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan jalur layang kereta api yang menghubungkan Stasiun Kedundang menuju Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) sepanjang 5,3 kilometer beroperasi komersial pada pertengahan Agustus 2021.

"Saat ini pembangunan jalur layang KA tersebut terus dilakukan dan kemajuannya sudah mencapai 86 persen," kata Direktur Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Heru Wisnu Prabowo kepada pers di Solo, Jawa Tengah, Selasa.

 

4. PLN luncurkan produk keringanan biaya tambah daya listrik di Ramadhan

PT PLN (Persero) meluncurkan produk keringanan biaya tambah daya listrik bagi pelanggan di bulan Suci Ramadhan dalam rangka pengembangan energi terbarukan dan membantu masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan listrik gratis.

"Dalam memberikan keleluasaan kepada pengguna listrik bagi konsumen di Bulan Ramadhan serta aksi nyata untuk peduli terhadap penghijauan serta pelestarian lingkungan, maka PLN menghadirkan produk Ramadhan Peduli dan Ramadhan Berkah yakni berupa keringanan biaya penyambungan tambah daya konsumen tegangan rendah 1 fasa," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril.

 

5. Sri Mulyani: 170 negara alami kontraksi ekonomi terburuk, termasuk RI

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pandemi COVID-19 telah menyebabkan ekonomi global mengalami kontraksi terburuk dalam 150 tahun terakhir, terutama terhadap 170 negara dari 192 negara anggota PBB.

“Itu studi Bank Dunia. Mestinya kita melihat statistik ini dan dampaknya sangat luar biasa. Berarti COVID-19 memaksa dan membuat semua negara harus memformulasikan kebijakan tidak hanya ekonomi tapi kesehatan dan sosial,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam Webinar IAEI di Jakarta, Selasa.

 

 


Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar