Vaksinasi lansia di Jaksel terealisasi 56 persen

id Vaksinasi lansia, vaksin lansia, vaksin covid

Vaksinasi lansia di Jaksel terealisasi 56 persen

Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada penerima vaksin di Senayan City, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Senayan City memfasilitasi vaksinasi dosis pertama bagi Lansia dan tenaga pengajar yang ditargetkan untuk 500 orang per harinya dari tanggal 7-10 April 2021. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengatakan  vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia) mandiri tahap pertama di Jakarta Selatan hingga Rabu (7/4) telah terealisasi hampir 56 persen dari sasaran 179 ribu lansia.

"Saya akan monitor setiap hari capaian target lansia yang divaksin di wilayah masing-masing," katanya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Personel Polda Metro mendapat pelindung imun berbahan herbal

Untuk itu, ia mendorong aparatur pemerintah mulai dari camat, lurah hingga tingkat terbawah lebih optimal menggerakkan perangkat yang ada di wilayahnya untuk meningkatkan jumlah vaksinasi lansia.

Ia juga meminta peran lebih maksimal dalam mengerahkan pengurus RT, RW, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Selain itu, Dasawisma, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Karang Taruna dan kader PKK agar setiap hari jumlah lansia yang divaksin terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmy menuturkan targetnya seluruh lansia selesai divaksin  sebelum Ramadhan.

Baca juga: Dinkes: 52 persen lansia di Jakarta sudah terima vaksin

"Artinya masih kurang sekitar 40 persen yang akan kami capai sebelum Ramadan, sesuai arahan Gubernur DKI, yaitu 95 persen," katanya.

Pemerintah Administrasi Kota Jakarta Selatan mengedepankan cara persuasif mengajak warga lansia mengikuti vaksinasi menyesuaikan karakteristik dan kondisi kesehatan mereka.

Untuk mempercepat vaksinasi kepada warga lansia, Pemkot Jaksel berinisiatif memudahkan dan memberikan kemudahan para usia lanjut untuk dapat hadir di lokasi tempat vaksinasi.

Baca juga: Jakpro gelar vaksinasi untuk 810 pegawai

Di DKI Jakarta, bus sekolah diperbantukan untuk mobilisasi para tenaga kesehatan.

Belakangan, pemerintah mengupayakan agar bus sekolah bisa menjemput dan mengantarkan warga lansia ke sentra vaksin terdekat.

Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar