YDBA ungkap UMKM tembus pasar ekspor dengan masuk pasar online

id Yayasan Dharma Bhakti Astra,umkm,diversifikasi produk

YDBA ungkap UMKM tembus pasar ekspor dengan masuk pasar online

Tangkapan layar - Nuryaman (kanan) dan Edo (tengah), pemilik UD Aneka Loyang yang merupakan UMKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra, saat menunjukkan produk cetakan kue berbentuk hati yang berhasil diterima di pasar Filipina. ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) sebagai bagian dari Astra Grup mengajak pelaku UMKM untuk melakukan diversifikasi produk guna menarik konsumen, khususnya konsumen di pasar daring atau online.

"Kami mengajak pelaku UMKM untuk melakukan diversifikasi produk, bagaimana menambah varian-varian produknya agar konsumen tidak jenuh terhadap produk yang ditawarkan oleh pelaku UMKM," ujar Ketua Pengurus YDBA Sigit P Kumala dalam Jelajah Virtual UMKM di Jakarta, Kamis.

Sigit juga menambahkan pihaknya mendorong pelaku UMKM melakukan optimalisasi melalui pasar daring, mengingat untuk pasar luring sedang terjadi penurunan pada masa pandemi COVID-19.

"Melalui media online juga kami memberikan edukasi kepada UMKM mitra binaan kami terkait bagaimana menampilkan produk yang dipasarkan oleh UMKM diperbaiki dari sisi penampilan, baik dari aspek informasi maupun penampilan secara kemasan," katanya.

Tentunya YDBA juga memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM terkait perbaikan dari sisi kualitas, varian harga yang disesuaikan dengan segmennya masing-masing. Dan yang terpenting proses pengirimannya harus tepat waktu sesuai komitmen penjual kepada pembeli.

"Kita juga mempertemukan pemangku kepentingan lainnya dengan para pelaku UMKM, supaya produk UMKM tersebut tidak hanya terserap di pasar lokal dan nasional namun juga diharapkan bisa terserap pasar internasional," ujar Sigit.

Contohnya UMKM binaan YDBA yang bergerak di bidang produksi cetakan kue atau loyang yakni UD Aneka Loyang mampu menembus pasar internasional setelah berkolaborasi dengan merchant online yakni Toko Pasti Puas.

Sebagai salah satu merchant yang beraktivitas di berbagai lokapasar (marketplace), Toko Pasti Puas berhasil membuat produk loyang yang bervariasi buatan UD Aneka Loyang berhasil diterima di pasar Filipina.

Baca juga: Yayasan Dharma Bhakti Astra ajak milenial optimalkan bisnis pertanian

Baca juga: YDBA berharap Cangkul Merah Putih segera peroleh sertifikasi SNI

Baca juga: Yayasan Dharma Bhakti Astra siap fasilitasi, bantu pembiayaan UMKM

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar