Warga RT04 Cipinang panen raya "urban farming" pinggir rel kereta

id Urban farming,Panen,Pertanian kota

Warga RT04 Cipinang panen raya "urban farming" pinggir rel kereta

Warga RT 04 Cipinang, Jakarta Timur memanen hasil "urban farming" yang ditanam di pinggir rel kereta api, Kamis (8/4/2021). (HO-Dokumentasi RT 04 Cipinang)

Jakarta (ANTARA) - Warga RT 04/08 Cipinang, Jakarta Timur melaksanakan panen raya dari hasil 'urban farming' atau pertanian kota yang memanfaatkan lahan di pinggir rel kereta api.

Wiwin selaku pengelola pertanian kota RT 04 mengatakan bahwa hasil panen kali ini berupa aneka sayuran yang ditanam dan dirawat oleh warga dibantu oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Baca juga: Hidroponik, ketahanan pangan rumah tangga

"Ada kangkung, sawi, bayam, daun kelor, daun singkong, kemangi, timun, cabai," kata Wiwin di Jakarta, Kamis.

Wiwin yang juga istri dari ketua RT 04 itu menuturkan bahwa hasil panen sayur kali ini mencapai sekitar 30 kilogram.
Lokasi "urban farming" warga RT 04 Cipinang, Jakarta Timur, yang ditanam memanfaatkan lahan di pinggir rel kereta api, Kamis (8/4/2021). (HO-Dokumentasi RT 04 Cipinang)


Hasil panen tersebut dibagi-bagikan kepada warga RT 04 yang membutuhkan dan juga petugas PPSU, dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan.

Baca juga: "Urban farming" tak sekedar manfaatkan lahan kosong

Berkat hasil panen sayur dari pertanian kota ini, Wiwin dan warga sekitar merasa terbantu karena dapat mengurangi biaya belanja kebutuhan pokok.

Baca juga: Mendulang rupiah dari "urban farming"

"Harapannya bisa terus panen, supaya warga khususnya RT 04 bisa sehat, sejahtera karena bisa mengurangi pengeluaran dapur," imbuhnya.

Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar