DKI kembali jadi juara umum pada "Public Relations Indonesia Awards"

id DPMPTSP Provinsi DKI ,Pemprov DKI Jakarta,Public Relations Indonesia Awards 2021,Kehumasan nasional

DKI kembali jadi juara umum pada "Public Relations Indonesia Awards"

Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi sekaligus peraih pembawa acara terbaik kategori pemda pada Public Relations Award (PRIA) 2021 saat membawa Program Talkshow Televisi Layanan Jakarta On TV. (ANTARA/HO-DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menjadi  juara umum (platinum award) kategori pemerintah daerah (provinsi/kota/kabupaten) dalam ajang kompetisi kehumasan nasional (Public Relations Indonesia Awards/PRIA) 2021.

"Penghargaan ini kami persembahkan kepada warga DKI Jakarta yang telah memberikan kepercayaan kepada kinerja pemerintah dan memberikan dukungannya dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima di Jakarta," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Ini tips Polda Metro Jaya hindari jebakan investasi bodong

Benni mengatakan Pemprov DKI mengembangkan program komunikasi yang strategis, efektif dan berkelanjutan untuk menyampaikan informasi, kebijakan publik, inovasi, serta pencapaian kinerja agar diketahui masyarakat secara masif.

Berkat konsistensi mengelola komunikasi yang efektif, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta meraih tujuh kategori penghargaan sehingga memboyong juara umum kategori Pemda pada kompetisi kehumasan nasional 2021.

Benni menyebutkan situasi pandemi COVID-19 menjadi tantang bagi DPMPTSP DKI Jakarta karena terdapat perbedaan dalam menjalankan program penyuluhan terpadu atau komunikasi masyarakat.

Baca juga: Pemprov DKI: Pelabuhan Marunda dorong investasi daerah dan nasional

Sebelum pandemi COVID-19 melanda Indonesia, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat hadir secara langsung di tengah warga untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan.

Namun ketika COVID-19 mulai merebak maka pemerintah daerah maupun instansi lainnya membutuhkan kreativitas dan ide komunikasi efektif dan meningkatkan kepercayaan publik.

"Bahwa penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan dan non perizinan di Jakarta harus tetap berjalan optimal dan memberikan pelayanan prima," ujar Benni.

Baca juga: Jakarta tawarkan 5 proyek investasi kepada investor Singapura

Guna memudahkan pelayanan dan komunikasi publik saat pandemi COVID-19, Benni menggagas program "Urus Izin Bisa Dari Rumah” yang merupakan bagian dari kampenye publik DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dari tema besar "Urus Izin Sendiri itu Mudah”.

Benni menuturkan program itu mengajak warga Ibu Kota untuk mengurus perizinan dan non perizinan dengan optimalisasi pelayanan daring melalui aplikasi perizinan "JakEVO", konsultasi atau penyuluhan dengan pemanfaatan teknologi komunikasi, informasi, serta menyerukan memanfaatkan inovasi layanan Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB).

Bahkan DPMPTSP DKI Jakarta mengkreasi Program Talkshow Televisi Layanan Jakarta On TV yang ditayangkan setiap selasa pukul 18.30 di Stasiun Televisi Nasional, GPR TV dengan berkolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia.

Kepala Seksi Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Rinaldi menambahkan berbagai kebijakan dan program pemerintah serta Kegiatan Strategis Daerah (KSD) tidak akan berjalan optimal tanpa komunikasi yang berkesinambungan dan masif.

Rinaldi memaparkan berbagai program penyuluhan terpadu/komunikasi masyarakat yang dihadirkan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta senantiasa dikemas dengan mengikuti tren.

Namun peraih pembawa acara terbaik PRIA 2021 kategori pemda itu mengungkapkan program penyuluhan harus tetap memiliki unsur edukasi, nilai berita dan hal positif untuk menggerakkan masyarakat agar mau mengurus perizinan dan nonperizinan secara mandiri, tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga.

Berikut tujuh penghargaan yang raih DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta pada Public Relations Indonesia Awards 2021, yakni Platinum Awards (Juara Umum) PRIA 2021 Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten), Pemenang PRIA 2021 Kategori Pemerintah Provinsi Terpopuler di Media Cetak, dan Best Presenter PRIA 2021 Kategori Pemerintah Daerah (Provinsi/Kota/Kabupaten)-Rinaldi.

Kemudian penghargaan Gold Winner Kategori Departement PR-Kinerja Penyuluhan Terpadu/Komunikasi Masyarakat Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Gold Winner Sub Kategori Aplikasi-Aplikasi Perizinan Daring, Jakarta Evolution (JakEVO), Gold Winner Sub Kategori Krisis- Penanganan Krisis Perizinan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), serta Gold Winner Sub Kategori Government PR-Kampanye Publik Urus Izin Sendiri #BisaDariRumah.

Pewarta : Taufik Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar