Toyota luncurkan dua kendaraan dengan teknologi baru

id Toyota mirai, lexus ls

Toyota luncurkan dua kendaraan dengan teknologi baru

Logo merek Lexus Toyota Motor Corp ditampilkan di Tokyo Motor Show ke-44 di Tokyo, Jepang, Senin (2 /11/2015). ANTARA/REUTERS/Issei Kato/am.

Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corp meluncurkan model baru dari Lexus dan Mirai di Jepang, yang sudah dilengkapi dengan bantuan kemudi yang canggih, saat persaingan semakin panas untuk mengembangkan lebih banyak mobil swakemudi. 

Peluncuran yang disuguhkan oleh Toyota ini hadir saat pembuat mobil, perusahaan rintisan mobil listrik, dan raksasa teknologi ramai-ramai berinvestasi besar dalam teknologi yang akan disematkan pada sebuah kendaraan.

Teknologi bantuan kemudi atau Advanced Drive sudah dilengkapi dengan sistem otonom level 2 yang membantu mengemudi, seperti membatasi mobil di jalurnya, menjaga jarak dari kendaraan lain dan berpindah jalur di bawah pengawasan pengemudi di jalan tol atau motor lain- kendaraan hanya jalan.

Baca juga: Toyota Mirai akan debut Desember

Eksekutif Toyota yang juga menjabat sebagai kepala unit penelitian Toyota Woven Planet, James Kuffner mengungkapkan bahwa model-model baru ini adalah produk pertama Toyota yang dibawa ke pasar yang menyediakan pembaruan over-the-air dan memanfaatkan teknologi AI yang berpusat pada pembelajaran mendalam.

"Ini benar-benar merupakan langkah pertama yang penting dalam perjalanan kami menuju pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan pengembangan," kata James Kuffner yang dikutip dari Reuters, Jumat.

Kuffner menambahkan, di masa depan, fitur perangkat lunak pada mobil akan "dapat diupgrade" dan "lebih dapat disesuaikan" seperti cara orang mempersonalisasi ponsel cerdas mereka.

Mobil yang sepenuhnya otonom kemungkinan masih akan bertahun-tahun lagi, tetapi saingannya dari merek General Motors Co awal tahun ini membuat heboh di Consumer Electronics Show virtual dengan memperkenalkan konsep Cadillac terbang serba listrik yang sepenuhnya otonom.

Tidak hanya General Motor Co, operator mesin pencari China Baidu, juga sudah meluncurkan sebuah kemitraan dengan merek mobil lokal Geely.

Selain itu, pesaing domestik Toyota, Honda Motor Co Ltd, pada bulan lalu meluncurkan sedan Legend yang sebagian dapat dikendarai sendiri di Jepang, menjadi produsen mobil pertama di dunia yang menjual kendaraan yang dilengkapi dengan teknologi otomatisasi level 3 baru yang bersertifikat.

Sedan mewah Lexus LS sudah dijual mulai Kamis (08/04) waktu setempat, dengan harga antara sekitar 16,3 juta yen dan 17,9 juta yen. Sedangkan mobil sel bahan bakar hidrogen Mirai generasi kedua akan ditawarkan pada 12 April dengan harga antara 8,4 juta dan 8,6 juta yen.

Baca juga: Toyota siapkan truk hidrogen berteknologi Mirai

Baca juga: Toyota Mirai generasi baru berdaya jelajah lebih jauh

Baca juga: Toyota akan luncurkan Mirai 2021 dengan paket ToyotaSafetySense2.5+

Pewarta : Chairul Rohman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar