Jakarta (ANTARA) - Platform distribusi video singkat TikTok menghadirkan berbagai inspirasi prakarya DIY dari para kreator yang mungkin bisa ditiru dan dilakukan sendiri di rumah.

"Semakin banyak kreator yang membagikan konten seputar DIY di TikTok, dan kami senang sekali melihat kreativitas para kreator yang sangat berkembang," kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia, melalui keterangannya dikutip pada Minggu.

"Semoga dengan tips yang dibagikan para kreator, bisa menjadi inspirasi bagi para kreator lainnya untuk ikut menghasilkan konten yang kreatif," imbuhnya.

Berikut sejumlah tips dan inspirasi prakarya ala kreator TikTok yang bisa dilakukan sendiri maupun keluarga dan teman sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Baca juga: TikTok berencana buat fitur obrolan grup

Bukan THR biasa

Pembagian THR biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para keponakan ataupun saudara yang masih kecil saat hari Lebaran tiba. Mereka pun biasanya mempersiapkan dompet atau tas kecil untuk menyimpan uang yang mereka dapat di hari tersebut.

Kreator TikTok ritajessica membuatnya dengan cukup menggunakan kertas A4 warna warni dan sedikit kreativitas, bisa berikan dompet menggemaskan ini kepada para adik atau keponakan.

Lukisan dari barang bekas

Ngabuburit atau waktu menjelang buka bisa digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat. Kreator aliciaeva membuat lukisan dengan memakai sisa bubble wrap dengan beberapa langkah mudah.

Dekorasi simpel

Mendekorasi ulang rumah atau kamar bisa jadi cara agar perayaan Ramadaan atau Lebaran terasa beda tahun ini. Meskipun bertemu teman atau saudara secara virtual, dekorasi rumah yang cantik tetap bisa diwujudkan. Kreator megawatiphonix membagi sejumlah kiat untuk membuat prakarya dekorasi estetik dengan bahan sederhana, dan tidak perlu anggaran yang besar.

Sementara itu, untuk terus mendorong kreativitas pengguna, TikTok pun kembali mengadakan kompetisi di dalam aplikasi, kali ini bertajuk #TauGaSih yang berlangsung mulai 9-18 April.

Kompetisi ini mengajak para pengguna untuk membagikan konten informatif, bukan hanya seputar tips DIY, tapi juga konten life hacks, IPTEK, fakta seru, pelajaran sekolah termasuk bahasa asing, fotografi, tutorial, motivasi dan bisnis, olahraga dan kesehatan, hingga seni.

Baca juga: ByteDance katakan pembekuan rekening bank di India adalah pelecehan

Baca juga: Pakistan cabut blokir TikTok

Baca juga: Lagu lawas Paramitha Rusady bangkit karena TikTok

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021