Robot pemadam diterjunkan tangani kebakaran Pasar Inpres Pasar Minggu

id Kebakaran pasar, kebakaran pasar impres, pasar minggu

Robot pemadam diterjunkan tangani kebakaran Pasar Inpres Pasar Minggu

Dinas Pemadam Kebakaran (Gulkarmat) DKI Jakarta menggunakan satu unit robot penyemprot air bertenaga cepat LUF-60 untuk menangani kebakaran yang melanda Blok C, Pasar Inpres Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (12/4/2021). (ANTARA/IG@humasjakfire)

Jakarta (ANTARA) - Petugas pemadam kebakaran DKI Jakarta menggunakan satu unit robot penyemprot air bertenaga cepat LUF-60 untuk menangani kebakaran yang melanda Blok C, Pasar Inpres Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan di Pasar Minggu, Senin malam menjelaskan hadirnya robot tersebut sangat membantu upaya pemadaman api dari petugas.

Baca juga: Pasar Impres di Pasar Minggu terbakar

"Pada saat pemadaman ini sudah berhasil, itu memungkinkan anggota masuk ke dalam dan saat ini anggota sudah bisa masuk ke dalam, masuk ke basement," katanya.

Selain untuk menjinakkan api, robot pemadam hasil pengadaan tahun 2019 itu juga berfungsi mengurai asap yang mengepul sehingga mempercepat proses pemadaman.

Baca juga: Polsek Pasar Minggu distribusikan beras pada warga terimbas COVID-19

"Melihat lokasi areanya, memang membutuhkan waktu untuk sampai proses pendinginan. Minimal kami sudah lokalisir, jangan sampai di Blok C merembet ke gedung lain," katanya.

Sebelummya, kebakaran di Pasar Inpres Pasar Minggu diperkirakan terjadi sekitar pukul 18.30 WIB.

Baca juga: Kebakaran di Pasar Minggu tewaskan dua orang

Besarnya kobaran api mengakibatkan Damkar DKI menambah mobil pompa yang dikerahkan untuk pemadaman hingga 30 unit serta didukung 165 personel.

Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar