Tarawih perdana, ribuan warga Aceh padati Masjid Raya Baiturrahman

id Aceh,Ramadhan,Tarawih,puasa,ibadah,masjid raya,Baiturrahman,islam

Tarawih perdana, ribuan warga Aceh padati Masjid Raya Baiturrahman

Ribuan warga Aceh melaksanakan tarawih perdana pada Ramadhan 1422 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Senin (12/4/2021) malam. (FOTO ANTARA/Rahmat Fajri)

Banda Aceh (ANTARA) - Ribuan jamaah memadati Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin malam,  untuk melaksanakan ibadah shalat tarawih perdana bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Berdasarkan pantauan ANTARA, setelah shalat Maghrib, jamaah sudah terlihat mulai berdatangan sehingga bagian dalam masjid sudah penuh ketika azan Isya berkumandang.

"Masjid Raya Baiturrahman adalah ini ikon Aceh, dan saat shalat tarawih suasananya juga mengingatkan kita seperti di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, " kata salah seorang jamaah shalat tarawih Nida, di Banda Aceh, Senin.

Selebihnya, masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya yang tidak tertampung di bagian dalam harus shalat di pekarangan masjid dan di bawah payung besar seperti yang ada di Masjid Nabawi.

Kebanyakan jamaah juga terlihat membawa sajadah masing-masing dan juga memakai masker saat datang ke masjid berkapasitas 30 ribu jamaah itu..

Nida mengatakan, shalat tarawih perdana di Masjid Raya Baiturrahman ini memiliki kesan tersendiri. Walaupun sedang dalam keadaan pandemi COVID-19, itu tidak menyurutkan niat masyarakat untuk melaksanakan tarawih berjamaah.

"Semoga Ramadhan tahun ini tidak mengurangi semangat dan niat kita untuk tarawih berjamaah di masjid," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk Faisal Ali menyatakan bahwa shalat tarawih dapat dilaksanakan di masjid atau mushala terdekat seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk shalat tarawih tetap dilakukan seperti biasa, kecuali buka bersama atau safari subuh," katanya.

Baca juga: Banda Aceh serukan prokes saat beribadah selama Ramadhan

Baca juga: Gubernur Aceh ingatkan TPID kendalikan harga jelang Ramadhan

Baca juga: Banda Aceh miliki 29 titik jajanan kuliner berbuka puasa

Baca juga: Eks GAM Libya gelar doa bersama di Aceh Utara jelang Ramadhan

 

Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar