Vaksinasi lansia di Jakarta Utara tetap berlangsung selama Ramadan

id Vaksinasi lansia,Vaksinasi COVID-19,Vaksinasi Jakarta Utara,Jakarta Utara,Vaksinasi Ramadan,Ramadan,Puasa,Apakah vaksin membatalkan puasa?

Vaksinasi lansia di Jakarta Utara tetap berlangsung selama Ramadan

Petugas memberikan kartu vaksin kepada seorang lansia usai disuntik vaksin COVID-19 pada hari pertama bulan Ramadhan 1442 H di Rumah Sakit Dr Suyoto, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Kementerian Kesehatan tetap melangsungkan vaksinasi COVID-19 saat umat Islam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang didasari fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 13 tahun 2021 tentang vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara dr Yudi Dimyati mengatakan vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) di Jakarta Utara tetap berlangsung selama bulan suci Ramadan.

“Selama Ramadan, vaksinasi COVID-19 bagi warga lansia dibuka sampai malam hari. Layanan ini ada di Puskesmas tingkat kecamatan se-Jakarta Utara,” kata Yudi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Lansia DKI Jakarta sudah bisa daftar vaksinasi di Puskesmas

Yudi mengatakan berdasarkan kesepakatan para ulama dan ahli medis di Maroko tahun 1997, obat-obat yang disuntikkan, baik melalui kulit, otot, sendi, dan vena, tidak membatalkan puasa.

"Penyuntikan obat-obatan tidak membatalkan puasa, kecuali pemberian makanan melalui intravena," kata Yudi.

Kendati demikian, layanan malam hari diharapkan menjadi solusi bagi warga lansia yang khawatir terjadinya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) apabila vaksinasi diterima siang hari saat berpuasa.

Baca juga: DKI fasilitasi vaksin bagi pendamping dua lansia yang ikut vaksinasi

Yudi mengatakan telah meminta kepada Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk membuka layanan vaksinasi selama bulan Ramadan setiap Senin sampai Jumat.

Hal itu tercantum dalam Surat Edaran Wali Kota Jakarta Utara Nomor 5 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada bulan Ramadan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara.

Adapun waktu beroperasi pelayanan vaksinasi antara lain pagi pukul 08.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

Baca juga: DKI Jakarta siapkan sentra vaksinasi COVID-19 sampai tingkat kelurahan

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Koja dr Sri Puji Wahyuni mengatakan layanan vaksinasi malam hari itu telah disosialisasikan kepada seluruh lintas kader baik Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dasawisma, hingga Forum Komunikasi Lanjut Usia (FKLU).

“Kader sudah kami beritahu. Seperti biasanya, ada beberapa lansia yang diantar-jemput oleh kader,” kata Puji di Jakarta, Rabu.

Ia mengimbau warga lansia yang belum menerima vaksinasi untuk mendatangi Puskesmas Koja pada malam hari.

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar