Stimulus pemerintah di segmen perumahan ini, membuat kami optimis akan terus menyuburkan bisnis perumahan nasional. Apalagi program vaksin berjalan lancar
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk hingga triwulan I 2021 telah menyalurkan pembiayaan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) melalui program Griya Hasanah bersubsidi dan nonsubsidi sebesar Rp38 triliun, naik 13,93 persen secara tahunan (yoy).

Direktur Utama BSI Hery Gunardi dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan KPR Syariah ini terbukti tahan banting di tengah pandemi terlihat dari pertumbuhan dua digit. Pertumbuhan kredit perumahan, kata dia, juga dibantu dengan fasilitas KPR subsidi dengan berbagai stimulus pemerintah.

“Stimulus pemerintah di segmen perumahan ini, membuat kami optimis akan terus menyuburkan bisnis perumahan nasional. Apalagi program vaksin berjalan lancar,” kata Hery.

Hery yang juga ketua Ketua Umum Asbisindo (Asosiasi Bank Syariah Indonesia) mengatakan peningkatan nilai pembiayaan perumahan yang disalurkan, mengindikasikan kepercayaan masyarakat terhadap penyaluran pembiayaan perumahan dari bank syariah terus meningkat.

Griya Hasanah yang merupakan produk pembiayaan perumahan BSI dengan margin khusus dan tenor sampai 30 tahun, kata dia, juga menarik minat para milenial.

“Kami optimis pertumbuhan pada tahun ini akan dobel digit sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada 2021 yang diperkirakan di level 4,5 – 5,3 persen. Hingga akhir tahun 2021, kami menargetkan pembiayaan Griya sebesar Rp39,8 triliun,” ujar dia.

Hery menambahkan perusahaan saat ini memiliki beberapa program pembiayaan spesial untuk menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda agar menggunakan produk syariah untuk membeli rumah.

“BSI berkomitmen memberikan solusi pembiayaan perumahan terbaik bagi milenial, dan ini merupakan salah satu cara kami untuk menjadi sahabat bagi generasi muda dalam memenuhi kebutuhan finansial, sosial, serta spiritualnya," kata Hery.

Hery menjelaskan bahwa saat ini, BSI memiliki sejumlah produk pembiayaan perumahan yang bisa dipilih masyarakat sesuai kebutuhannya masing-masing. Selain Griya Hasanah, ada produk Griya Simuda yang memiliki marjin murah dan cocok untuk generasi milenial.

BSI juga terlibat aktif dalam penyaluran pembiayaan perumahan bersubsidi (KPR Sejahtera) yang ditargetkan bisa menjangkau 14 ribu nasabah dengan nilai mencapai Rp2 triliun.

Selain itu, sepanjang Ramadhan tahun ini BSI mengadakan BSI Ramadhan Fest yang berlangsung secara virtual sejak 13 April hingga 13 Mei. Pada program tersebut BSI menawarkan sejumlah program pembiayaan perumahan spesial, diantaranya pemberian harga khusus untuk nasabah pilihan berupa margin mulai 3,3 persen, pembebasan DP bagi nasabah (DP nol persen), dan hadiah tiket ibadah haji tanpa diundi bagi nasabah yang beruntung.

“Melalui berbagai produk unggulan perusahaan, dan komitmen pemerintah untuk terus menyalurkan subsidi pembiayaan perumahan, maka BSI optimis seluruh target yang sudah dicanangkan sejak awal tahun dapat tercapai,” ujar dia.

Baca juga: BSI gelar akad massal 1.500 nasabah KPR Sejahtera
Baca juga: Dorong perekonomian, BSI tekan nota kesepahaman dengan MUI dan PBNU
Baca juga: OJK: Ada 1,4 juta nasabah bank konvensional belum migrasi di Aceh


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021