Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon lantik dokter baru secara virtual

id FK Unpatti,dokter baru,dilantik,virtual,pandemi,covid-19

Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon lantik dokter baru secara virtual

Salah satu dari enam dokter baru, dr Michyal Harli Rukmana Karapesina dilantik secara virtual menjadi dokter di Aula FK Unpatti Ambon, Rabu (14/4/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Unpatti)

Ambon (ANTARA) - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Provinsi Maluku,  menggelar pengambilan sumpah dan melantik enam dokter baru lulusan ke-20 periode April 2021 secara virtual, di Ambon, Rabu, karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Dekan FK Unpatti Ambon dr Bertha Jean Que melakukan pengambilan sumpah dan melantik Feby Ilvana, Siti Aisa R. Samal, Siti Aisa R. Samal, Michyal Harli Rukmana Karapesina, Aprilia Teropina Warkey, Siska Teurupun dan Yulinda Ratusehaka sebagai dokter baru.

Keenam dokter baru yang dilantik secara virtual di Aula FK Unpatti tersebut lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara serentak di Indonesia untuk memperoleh gelar dokter, dengan nilai kelulusan mencapai 83 persen.

Mereka sebelumnya telah menjalani tahap praktik klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun di RSUD dr M. Haulussy Ambon, Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Ambon, Rumkital dr FX Suhardjo Lantamal IX Ambon, RSP FK Universitas Hasanuddin Makassar dan RSUD dr Soetomo Surabaya.

Selain itu, mereka juga praktik di Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Badan SAR Nasional (BASARNAS) Ambon, klinik dokter keluarga, dan beberapa Puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dekan FK Unpatti dalam sambutannya berharap enam dokter yang baru dilantik tersebut bisa memaknai perjalanan panjang melaksanakan tugas pelayanan sebagai seorang dokter.

Ia juga mengingatkan mereka untuk tidak berhenti belajar karena ilmu pengetahuan selalu berkembang, dan hal-hal baru yang dipelajari akan membantu mereka untuk terus berkembang.

"Kalian akan menjalani internship yang merupakan bagian dari program Kementerian Kesehatan di wilayah Maluku, sebagai bentuk pengabdian kepada daerah Maluku dan merealisasikan visi dan misi FK, yaitu dipersiapkan untuk menjadi dokter pulau dan diharapkan para dokter baru akan mengabdi di pulau-pulau pada wilayah Maluku," katanya.

Hingga saat ini FK Unpatti telah meluluskan 217 dokter. Sejak kelulusan pertama tahun 2015, total kelulusan "first taker" FK Unpatti sebesar 78,4 persen sehingga menjadi persentase kelulusan yang tinggi di kawasan Indonesia Timur.

Dari 211 lulusan dokter, sebagian besar telah menyelesaikan program magang kemudian melanjutkan ke tingkat spesialis dan pendidikan strata 2 (S2). Beberapa dari mereka ada yang bekerja menjadi pegawai negeri sipil, dokter kontrak di berbagai instansi, termasuk staf dosen di FK Unpatti, demikian Bertha Jean Que .

Baca juga: Mahasiswa FK Unpatti belajar terapi hiperbarik dan uitimate

Baca juga: Pakar: merkuri kualitas terbaik dunia dari Pulau Seram

Baca juga: Tolak pemilihan rektor, mahasiswa Unpatti Ambon demonstrasi

Baca juga: Unpatti kukuhkan guru besar sosiologi perdesaan


 

Pewarta : Shariva Alaidrus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar