Jakarta (ANTARA) - Klub pemilik gelar Liga Champions terbanyak sepanjang masa yang patut dilabeli sebagai bangsawan Eropa, Real Madrid, dikelilingi klub-klub Orang Kaya Baru (OKB) dalam empat besar kompetisi tersebut musim ini.

Real Madrid berada di antara Chelsea --klub yang baru menemukan kembali kesuksesan semenjak dibeli Roman Abramovich era 2000-an-- serta Paris Saint-Germain dan Manchester City, dua klub kaya raya yang mulai menaiki tangga kesuksesan setelah 2010-an serta jadi langganan penyelidikan pelanggaran aturan keadilan finansial (FFP) oleh UEFA.

Real Madrid lolos ke semifinal berbekal keunggulan agregat 3-1 atas Liverpool setelah keduanya bermain imbang 0-0 dalam leg kedua yang berlangsung di Anfield, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Baca juga: Eks bintang Madrid sebut Chelsea bakal ketar ketir hadapi Real
Baca juga: Real Madrid ataupun Liverpool, Mount: Chelsea siap hadapi siapapun


Di babak semifinal nanti, Los Blancos akan bertemu Chelsea yang sehari sebelumnya kalah 0-1 kontra Porto di leg kedua, tetapi lolos dengan kemenangan agregat 2-1.

Ini akan menjadi pertemuan pertama kedua tim di Liga Champions, tetapi Chelsea punya rekor gemilang tak pernah kalah melawan Real Madrid di Eropa.

Dalam Piala Winners 1971, Chelsea mampu mengalahkan Real Madrid 2-1 di ulangan partai puncak untuk menjuarai kompetisi pendahulu Liga Europa tersebut.

Lantas pada 1999, Chelsea menang 1-0 atas Real Madrid demi memenangi Piala Super Eropa. Kala itu Chelsea datang sebagai jawara Piala Winners dan Real Madrid juara Liga Champions musim 1997/98.

Baca juga: Capai semifinal Champions, Pep sebut City terus membangun sejarah
Baca juga: Sukses lewati Bayern, Presnel Kimpembe klaim PSG tumbuh dewasa


Partai semifinal Liga Champions lainnya akan mempertemukan City kontra PSG atau dalam kata lain klub Inggris yang ditopang dana Abu Dhabi dan klub Prancis kepunyaan Qatar.

Baik City maupun PSG sama-sama akan melakoni penampilan kedua mereka di babak semifinal Liga Champions sepanjang sejarah panjang kedua klub.

City tiba di semifinal melewati hadangan Borussia Dortmund yang dua kali mereka kalahkan dengan skor 2-1 dalam dua leg perempat final.

Sedangkan PSG mampu menuntaskan revans atas Bayern Muenchen, yang mengalahkan mereka di partai final musim lalu, dengan keunggulan produktivitas gol tandang dalam skor agregat 3-3 dua leg perempat final.

Leg pertama semifinal dijadwalkan berlangsung 27-28 April diikuti leg kedua sepekan berselang dan UEFA baru akan mengumumkan jadwal lengkapnya pada Kamis petang nanti.

Baca juga: City ke semifinal setelah gandakan agregat atas Dortmund
Baca juga: Seri di Anfield lempangkan jalan Los Blancos ke semifinal Champions


Berikut hasil leg kedua perempat final Liga Champions (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB, skor agregat dalam kurung):

Rabu (14/4) dini hari
Paris Saint-Germain 0 (3) - Bayern Muenchen 1 (3) *PSG lolos dengan produktivitas gol tandang
Chelsea 0 (2) - Porto 1 (1)

Kamis (15/4) dini hari
Borussia Dortmund 1 (2) - Manchester City 2 (4)
Liverpool 0 (1) - Real Madrid 0 (3)

Baca juga: Gol spektakuler Porto tak cukup halangi langkah Chelsea ke semifinal
Baca juga: Walau kalah di leg kedua, PSG singkirkan Bayern berbekal gol tandang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021