Bintang-bintang pesepak bola Aceh yang pernah jaya di masanya ini akan bergabung bersama sejumlah bintang timnas untuk bertanding di Swedia
Banda Aceh (ANTARA) - Tim walking football Aceh akan melakoni pertandingan Internasional di Swedia mewakili Indonesia pada laga yang direncanakan September mendatang dan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman akan ikut memperkuat tim tersebut.

"Iya, Alhamdulillah saya dipanggil memperkuat tim Aceh mewakili Indonesia pada pertandingan walking football di Swedia," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Kamis.

Aminullah mengatakan, nantinya ia bergabung bersama bintang sepak bola yang berusia 50 tahun ke atas. Terdapat sejumlah nama pesepak bola Aceh yang pernah bersinar saat memperkuat Persiraja, seperti Tarmizi Rasyid, Dahlan Jalil dan M Nur.

Baca juga: Arema FC: Apresiasi Presiden sinyal positif sepak bola Indonesia

Kemudian, juga ikut dipanggil mantan kiper PSMS Medan Sugiar, bekas pemain Medan Jaya/Aceh Putra Ade Zulfadli, Putra Galatama serta Bachtiar Juli yang pernah menjadi idola publik PSP Padang.

"Bintang-bintang pesepak bola Aceh yang pernah jaya di masanya ini akan bergabung bersama sejumlah bintang timnas untuk bertanding di Swedia," ujarnya.

Event walking football di Swedia nanti, kata Aminullah, berdasarkan informasi yang diterima juga diikuti timnas Brazil. Bintang piala dunia tahun 1994, Romario dan bintang Madrid era Los Galacticos Roberto Carlos dipastikan tampil memperkuat negaranya.

Untuk diketahui, walking football merupakan olahraga turunan dari sepakbola. Olahraga ini diciptakan untuk pemain yang berusia 50 tahun ke atas.

Tujuannya agar pesepak bola veteran tetap bisa merasakan kegembiraan bermain sepak bola, permainan ini juga tidak boleh menggunakan kecepatan berlari.

Di Aceh sendiri, walking footbal telah diperkenalkan ke publik pada Juni 2020 di Stadion H Dimurthala Lampineung Banda Aceh.

Saat itu, launching dilakukan oleh Aminullah Usman bersama Presiden Internasional Walking Football Federation (IWFF) Indonesia Muzakir Manaf (Mualem) dan Vice President IWFF Rusli Bintang.

Baca juga: Persiraja lepas Gabriel do Carmo

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021