Kami percaya visi Bukalapak dalam memberdayakan UKM. Investasi ini menunjukkan niat Bank Mandiri Group dalam memperkuat kemitraan strategis kedua perusahaan saat ini.
Jakarta (ANTARA) - Mandiri Capital Indonesia (MCI) yang merupakan perusahaan modal ventura Bank Mandiri menyuntikkan modal untuk platform e-commerce Bukalapak bersama dengan Microsoft, Standard Chartered, dan BRI Ventures sebagai co investor.

Partisipasi tersebut sejalan dengan visi masing-masing perusahaan dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terutama di Bukalapak yang berjumlah 13,5 juta UMKM.

“Kami percaya visi Bukalapak dalam memberdayakan UKM. Investasi ini menunjukkan niat Bank Mandiri Group dalam memperkuat kemitraan strategis kedua perusahaan saat ini,” kata CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: BSI gandeng Bukalapak dorong digitalisasi penjualan UMKM

Bukalapak dan Mandiri Group telah menjalin berbagai kemitraan terkait dengan layanan keuangan digital termasuk produk investasi di BukaReksa serta produk pembiayaan di BukaMotor dan BukaMobil.

Kemudian juga kerja sama dalam pembukaan akun Mandiri melalui mitra Bukalapak maupun mitra eksklusif BukaRumah untuk saat ini yaitu fitur tanpa batas yang mengizinkan pembeli membeli rumah dengan Hak Tanggungan di Bukalapak.

Berbagai hal itu sejalan dengan misi Bukalapak yakni menciptakan keadilan ekonomi dengan menyediakan platform berdagang bagi semua orang dengan dengan akses tanpa batas ke teknologi, modal, dan infrastruktur.

Baca juga: Bank Mandiri terbitkan obligasi berkelanjutan 300 juta dolar AS

Tak hanya itu, Bukalapak juga menawarkan layanan keuangan dan opsi pembayaran bagi penggunanya seperti investasi emas, reksa dana, pembayaran tagihan, dan layanan kredit.

Layanan tersebut bertujuan untuk mengubah ekonomi di luar e-commerce dengan melakukan digitalisasi terhadap warung tradisional sehingga setiap bisnis di Indonesia memiliki akses ke ekonomi digital.

“Kami sangat bangga menjadi bagian dari perjalanan Bukalapak di dalam inisiatif mendigitalisasi usaha kecil di Indonesia,” ujarnya.

Eddi berharap  kerja sama Bukalapak dan Mandiri Group ini dapat memberikan UKM Indonesia akses yang lebih baik ke layanan keuangan sehingga mampu mendorong inklusivitas dalam perekonomian Indonesia.

“MCI dan Mandiri Group siap untuk mendukung setiap upaya digitalisasi UKM di Indonesia dengan semua pelaku e-commerce dan digital enabler UMKM di Indonesia,” tegasnya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021