Pelindo III mulai sediakan layanan pemeriksaan Ge-Nose C19

id Pelindo III, layanan GeNose-19,Layanan GeNose-19 di Pelabuhan

Pelindo III mulai sediakan layanan pemeriksaan Ge-Nose C19

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Edi Priyanto (ANTARA Jatim/HO Pelindo III/AM)

Surabaya (ANTARA) - Sejumlah pelabuhan penumpang di bawah PT Pelindo III mulai menyediakan layanan pemeriksaan cepat deteksi dini COVID-19 menggunakan alat Ge-Nose C19 dengan tarif Rp30.000 sekali periksa.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya, Sabtu, mengatakan penyediaan layanan Ge-Nose C19 di sejumlah pelabuhan dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para calon penumpang kapal laut untuk melakukan pemeriksaan deteksi COVID-19 yang merupakan syarat melakukan perjalanan.

Terlebih layanan Ge-Nose C19 di terminal milik Pelindo III memiliki harga yang lebih terjangkau bagi para calon penumpang kapal laut.

Baca juga: GeNose mulai dipakai di fasilitas publik Balikpapan

"Mulai hari ini layanan Ge-Nose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp30.000,- untuk setiap orang sekali periksa. Metode ini paling terjangkau jika dibandingkan dengan metode pemeriksaan lainnya, harapan kami bisa mengurangi beban biaya para penumpang," kata Edi.

Untuk layanan Ge-Nose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak dapat diakses setiap hari oleh para calon penumpang kapal laut mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Para calon penumpang kapal cukup menunjukkan tiket kapal laut sebagai syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan Ge-Nose C19.

"Sementara ini kami sediakan 2 unit alat dengan kapasitas pemeriksaan kurang lebih 200 orang per hari. Jika dirasa perlu maka tidak menutup kemungkinan jumlah alat akan ditambah," katanya.

Baca juga: GeNose tetap bisa digunakan bagi yang berpuasa, kata peneliti UGM

Pelindo III juga menyediakan ruang isolasi yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang memperoleh hasil positif dari pemeriksaan Ge-Nose C19. Selanjutnya bagi mereka akan diarahkan untuk menuju fasilitas pemeriksaan tes usap antigen secara mandiri untuk validasi hasil.

"Jika masih kedapatan positif maka calon penumpang tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam fasilitas terminal penumpang," katanya.

Sementara itu, untuk tahap awal pemeriksaan Ge-Nose C19 tersedia di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak mulai hari ini.

Baca juga: Kemenparekraf jadikan sejumlah desa wisata contoh penerapan GeNose C19

Selanjutnya, secara bertahap akan tersedia di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Banjarmasin dengan biaya pemeriksaan hanya Rp30.000

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus H Purnomo saat menghadiri pemeriksaan pertama Ge-Nose C19 di Surabaya mengapresiasi Pelindo III beserta jajaran yang telah bergerak cepat menyediakan layanan Ge-Nose C19 untuk para calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak yang kemudian diikuti penyediaan di 2 pelabuhan lain yaitu Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Banjarmasin.

Baca juga: Menparekraf tinjau layanan GeNose C19 di Bandara Ngurah Rai

Agus mengatakan tak hanya membantu pemerintah menekan penyebaran COVID-19, alat ini akan semakin meringankan beban biaya calon penumpang yang akan bepergian menggunakan kapal laut.

“Saya mengapresiasi Pelindo III yang telah menyediakan alat deteksi dini COVID-19 Ge-Nose C19, kita tau ini biayanya cukup terjangkau sehingga masyarakat tak lagi terbebani dengan biaya tambahan selama bepergian seperti 'rapid test' dan lainnya. Saya berharap semua pelabuhan dan sarana angkutan laut bisa memiliki fasilitas ini semua," kata Agus.

Baca juga: Universitas Jember siapkan GeNose bagi peserta UTBK SBMPTN 2021


Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar