Jakarta (ANTARA) - Nissan Motor Co yang mengalami kesulitan finansial diperkirakan akan memamerkan mobil baru yang "harus berhasil" dan menjelaskan strategi mobil ramah lingkungan untuk China di pameran mobil Shanghai yang dimulai pada hari Senin, dua pejabat perusahaan mengatakan kepada Reuters.

Dilansir Reuters, Minggu, mobil yang rencananya akan dipamerkan Nissan di pameran otomotif tersebut adalah kendaraan sport (SUV) X-Trail yang didesain ulang secara signifikan.

SUV serupa yang disebut Rogue memasuki pasar AS tahun lalu. X-Trail baru akan tersedia di China akhir tahun ini.

Baca juga: Nissan sesuaikan produksi di Jepang pasca gempa bumi

Mobil baru ini didukung oleh mesin turbo bertenaga bensin tiga silinder, yang menurut salah satu sumber mungkin akan menghadapi perjuangan berat untuk mendapatkan tempat di China, di mana teknologi serupa terbukti tidak populer.

"Mobil adalah yang harus berhasil, mobil yang harus dimenangkan bagi kami," kata salah satu dari dua sumber tersebut. Kedua sumber berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang berbicara dengan wartawan.

Selain debut X-Trail di China, Chief Operating officer Nissan Ashwani Gupta diperkirakan akan memberi tahu wartawan di Shanghai secara virtual dari Jepang pada Senin bahwa strategi mobil ramah lingkungan Nissan memiliki dua cabang, perusahaan akan fokus pada peningkatan efisiensi bahan bakar bensin-listrik teknologi hybrid, serta baterai mobil listrik membuat jajaran kendaraannya di China lebih ramah lingkungan.

Pada Januari, Nissan mengatakan semua kendaraan barunya di pasar utama, termasuk China, akan dialiri listrik pada awal 2030-an, sebagai bagian dari upayanya untuk mencapai netralitas karbon pada 2050.

Strategi ini muncul ketika tekanan regulasi di China tumbuh pada pembuat mobil untuk memangkas emisi.

China adalah pilar utama dari strategi berbalik arah Nissan, yang melibatkan fokus pada produksi mobil yang menguntungkan untuk China, Jepang, dan Amerika Serikat, daripada memburu pertumbuhan global habis-habisan yang dikejar oleh bos yang terguling Carlos Ghosn.

Perusahaan berusaha keras untuk memangkas kapasitas produksi dan model line-up hingga seperlima serta memotong biaya tetap sebesar 300 miliar yen (2,8 miliar dollar AS).

Nissan menargetkan untuk mencapai margin laba operasi 5 persen dan pangsa pasar global yang berkelanjutan sebesar 6 persen pada akhir tahun fiskal 2023.

Belum jelas seberapa detail rencana Nissan tentang strategi di China yang akan dibagikan pada hari Senin.

Kedua sumber mengatakan Nissan masih berencana untuk mulai menerima "pre-order" di China untuk SUV listrik Ariya yang akan datang sebelum akhir tahun ini.

Nissan juga berencana meluncurkan versi hybrid "e-Power" dari mobil kompak Sylphy tahun ini dan e-Power X-Trail paling cepat tahun depan.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan Nissan berencana untuk memamerkan di Shanghai desain ulang crossover X-Trail, serta pengenalan teknologi hibrida bensin-listrik e-power Nissan ke China. Dia menolak berkomentar yang lainnya.

Baca juga: Nissan akan pangkas produksi di Jepang karena kekurangan chip

Baca juga: Peretas Swiss didakwa karena membobol Intel dan Nissan

Baca juga: Nissan kembangkan teknologi e-POWER demi kurangi emisi CO2
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021