Jakarta (ANTARA) - Grand Prix Miami akan masuk ke kalender Formula 1 musim 2022 setelah penyelenggara mengamankan kontrak 10 tahun untuk menambah balapan kedua di Amerika Serikat ke kejuaraan dunia setelah GP Amerika Serikat di Austin.

Formula 1 dalam pernyataan resminya, seperti dikutip AFP, menyatakan bahwa GP Miami akan digelar di sirkuit baru di sekitar Hard Rock Stadium, Miami Gardens, di utara kota Florida.

"Kami sangat senang mengumumkan Formula 1 akan balapan di Miami mulai 2022," kata CEO F1 Stefano Domenicali, Minggu.

"AS adalah pasar pertumbuhan kunci bagi kami, dan kami sangat terdorong oleh raihan di AS yang semakin tumbuh di mana kami akan lebih didukung dengan balapan kedua yang menarik ini."

Baca juga: Formula Satu capai kesepakatan untuk gelar Miami Grand Prix
Baca juga: Trek Grand Prix Miami akan didesain ulang menyusul keluhan warga


Domenicali mengatakan balapan di Miami kemungkinan menempati slot di kuartal keempat tahun depan.

Trek di Miami itu memiliki panjang 5,41km dengan sejumlah lintasan lurus berkecepatan tinggi yang memungkinkan mobil melaju sekencang 320kpj dan menawarkan "sejumlah kesempatan menyalip".

Hard Rock Stadium adalah kandang dari tim Miami Dolphins dan juga menjadi tuan rumah turnamen tenis Miami Open baru-baru ini.

Sejak hak komersialnya dipegang oleh grup asal AS Liberty Media, F1 berencana untuk menyajikan Grand Prix di Miami pada 2019, namun terganjal otoritas setempat.

Rencana awalnya termasuk membangun sirkuit yang melewati sebuah jembatan di teluk kota itu namun dibatalkan.

Baca juga: Statistik Grand Prix Amerika Serikat
Baca juga: Hurkacz juarai ATP Masters perdana di Miami Open 2021


Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton menyatakan dukungannya terhadap balapan di AS tersebut.

"Amerika adalah tempat yang begitu besar yang sepertinya kami butuh setidaknya dua balapan di sana untuk berintegrasi dengan para penonton," kata sang pebalap Mercedes.

"Balapan ini bisa menciptakan 4.000 lapangan kerja bagi komunitas di Miami. Montreal selalu menjadi favorit saya tapi Miami saya raya akan menjadi tempat favorit juga untuk saya kunjungi," kata Hamilton.

Pebalap tim Red Bull tak kalah senangnya dengan kabar tersebut.

"Saya yakin jika mereka membangun trek yang baik, kami bisa bersenang-senang di sana dan semoga kami akan menyajikan banyak hiburan sehingga para fan tentunya bisa menikmati balapan itu," kata Verstappen dalam pernyataan resmi tim Red Bull.

Rekan satu timnya, pebalap Meksiko Sergio Perez berkomentar: "Saya rasa Miami adalah lokasi yang luar biasa untuk Formula 1, itu kota yang sangat menyenangkan dan banyak energi di tempat itu.

"Komunitas Latino cukup besar di sana jadi saya sangat menanti untuk tiba ke sana segera. Saya rasa Miami dan F1 adalah kombinasi yang sempurna."

Miami akan mengikuti langkah Austin sebagai tuan rumah Grand Prix F1 sejak 2012, dengan balapan di Texas tahun ini menempati jadwal 24 Oktober.

Baca juga: Hamilton raih pole position ke-99 dalam karier pada GP Emilia Romagna
Baca juga: GP Kanada dibatalkan karena pandemi, lapor CBC
Baca juga: Bos McLaren prediksi Hamilton klaim titel kedelapan, lalu pensiun

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021