Kemensos-Lapan kerja sama pemanfaatan teknologi untuk masalah sosial

id Kemensos,Lapan,teknologi Lapan,masalah sosial

Kemensos-Lapan kerja sama pemanfaatan teknologi untuk masalah sosial

Menteri Sosial Tri Rismaharini (kiri) bersama Kepala Lapan Thomas Djamaluddin (kanan) pada penandatanganan MoU kerja sama pemanfaatan teknologi Lapan untuk penyelenggaraan kesejahteraan sosial (ANTARA/Desi Purnamawati)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyepakati kerja sama pemanfaatan teknologi penerbangan dan antariksa untuk penanganan masalah sosial.

"Saya selalu percaya kemampuan manusia itu terbatas, tapi dengan menggunakan teknologi kita bisa melengkapi kekurangan kita. Karena itu, saya butuh alat pengindraan bagaimana masyarakat di seluruh Indonesia bisa mendapatkan haknya," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta, Senin.

Baca juga: Ramadhan, Kemensos cairkan bansos PKH tahap II senilai Rp6,53 triliun

Kerja sama tersebut direalisasikan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Kemensos dengan Lapan tentang penyelenggaraan kesejahteraan sosial melalui pemanfaatan dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa yang dipantau secara virtual.

Risma mengatakan nantinya teknologi dan pengembangan sains Lapan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pemantauan potensi dan dampak bencana serta untuk pendataan penerima bantuan sosial dan masalah-masalah sosial lainnya.

Baca juga: Mensos Risma tekankan perlunya tuna daksa kuasai teknologi terbaru

Teknologi yang dimanfaatkan adalah citra satelit dan pengindraan jauh agar diperoleh data yang lebih komprehensif terutama di daerah yang sulit diakses seperti di Papua.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengakui selama ini teknologi lembaga yang dipimpinnya pemanfaatannya lebih kepada pemantauan sumberdaya alam dan lingkungan.

"Rasanya belum pernah citra satelit dan teknologi Lapan bisa berkontribusi untuk penanganan masalah-masalah sosial, tapi dari diskusi-diskusi tim Kemensos dan tim Lapan, kita dapat gambaran apa yang bisa diberikan," ujar Thomas.

Baca juga: Kemensos jemput bola dalam perbaikan DTKS di sepuluh provinsi

Dia menyatakan pada dasarnya teknologi dan layanan Lapan bisa memberikan kontribusi pada program-program Kementerian Sosial.

Misalnya untuk penanganan bencana, Lapan bisa memberikan informasi-informasi terkait daerah terdampak bencana. Terkiat program penanganan sosial, Lapan bisa memberikan data yang lebih rinci terkait objek-objek yang perlu ditangani Kemensos melalui informasi citra satelit.

Baca juga: Kemensos pastikan kebutuhan psikologis kaum rentan terdampak bencana

 

Pewarta : Desi Purnamawati
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar