Etnis Tionghoa bantu paket Ramadhan untuk 2.140 kaum dhuafa di Aceh

id Aceh,Yayasan Hakka,Toleransi,Etnis Tionghoa,Paket Ramadhan,Kaum duafa,sembako,kurang mampu

Etnis Tionghoa bantu paket Ramadhan untuk 2.140 kaum dhuafa di Aceh

Relawan Yayasan Hakka Aceh saat menyerahkan paket Ramadhan kepada tenaga kebersihan, di Banda Aceh, Senin (19/4/2021) (ANTARA/Rahmat Fajri)

Banda Aceh (ANTARA) - Masyarakat etnis Tionghoa melalui Yayasan Hakka Aceh memberikan bantuan paket Ramadhan kepada 2.140 warga kurang mampu (kaum dhuafa) di beberapa kabupaten/kota di Aceh.

"Kami bagikan kepada kaum dhuafa di Aceh untuk mengurangi beban mereka saat menjalankan ibadah puasa," kata Ketua Yayasan Hakka Aceh Kho Khie Siong alias Aky di Banda Aceh, Senin.

Aky mengatakan bantuan tersebut didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Banda Aceh, Sabang, Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Aceh Utara dan Aceh Tamiang.

Baca juga: Barongsai Aceh bertanding dalam turnamen internasional di Tiongkok

Selain itu, kata Aky, paket Ramadhan ini juga diserahkan kepada ratusan petugas kebersihan di ibukota Provinsi Aceh itu.

"Kali ini bantuan kami berikan sampai ke masyarakat kurang mampu di Aceh Tamiang, dan 650 orang petugas kebersihan," ujarnya.

Paket Ramadhan yang diberikan tersebut berisikan beras, minyak goreng, mi instan, ikan sarden dan kental manis yang kemudian disatukan dalam satu paket.

Baca juga: DI Aceh Barat warga Tionghoa gandeng TNI gelar donor darah

Aky menyampaikan untuk masyarakat di kabupaten/kota paket itu didistribusikan oleh relawan Yayasan Hakka daerah masing-masing. Para penerima hanya tinggal menunjukkan kupon yang sudah diberikan saat mengambilnya.

"Karena COVID-19 pembagiannya tidak dapat diselesaikan dalam waktu sehari, tetapi membutuhkan waktu selama tujuh hari kerja," kata Aky.

Baca juga: Hakka Aceh salurkan 2.035 paket Ramadhan bagi keluarga miskin

Aky menuturkan penyerahan bantuan ini rutin dilakukan setiap datangnya bulan Ramadhan, meski 2020 lalu sempat tertunda akibat sedang memuncaknya COVID-19.

"Bantuan ini berasal dari keluarga besar Hakka Aceh di berbagai daerah, mereka orang-orang Tionghoa Aceh yang sudah sukses di luar sana," kata Aky.

Baca juga: Banda Aceh menggiatkan penegakan protokol kesehatan selama Ramadhan

Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar