Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo menjadi operator selular pertama di Indonesia yang menjalankan uji coba lapangan OpenRAN jaringan 4G berkualitas video sehingga mampu menampilkan gambar lebih berkualitas, jernih serta lancar.

"Langkah ini merupakan paya agresif perusahaan dalam meningkatkan dan memperluas jaringan 4G berkualitas videountuk memberikan layanan internet yang semakin baik kepada pelanggannya yang terus menuntut perbaikan kualitas," kata SVP-Head of Technology Strategy and Partnership Indosat Ooredoo Kees Van Peer dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Dikatakan, sebagai inovator terdepan di kawasan ini, Indosat Ooredoo telah menetapkan standar baru secara global untuk menyediakan layanan internet yang lebih baik bagi pelanggan, dengan memvalidasi OpenRAN virtual.

Baca juga: Indosat Ooredoo jual lebih 4.200 menara

Perusahaan juga merupakan operator seluler pertama di Indonesia yang menjalankan validasi lapangan dari teknologi LTE 900 berbasis cloud yang canggih dalam arsitektur OpenRAN dan berhasil memberikan kualitas jaringan 4G yang sama dengan RAN konvensional.

"Sejumlah negara seperti Jepang dan di Amerika Latin juga sudah menjalankan OpenRAN dan memberikan hasil positif bagi pelanggan. Jaringan ini sudah mendunia dan pasti akan terus berkembang,” kata Kees.

VP Head of Technology Strategy and Architecture Indosat Ooredoo M. Kudrat Soeriaatmadja, mengatakan OpenRAN merupakan teknologi yang mendukung antarmuka RAN untuk dapat dioperasikan secara terbuka sehingga memungkinkan konektivitas antar perangkat keras dan lunak dari vendor telekomunikasi yang berbeda.

Kemampuan ini, katanya, diharapkan bisa semakin menekan biaya penyediaan jaringan, sehingga dapat menjadi solusi bagi operator seluler dan pemerintah untuk mempercepat perluasan jaringan 4G ke wilayah pedalaman Indonesia termasuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Baca juga: Merger Indosat-Tri diperkirakan mengubah lanskap persaingan Indonesia

Uji coba lapangan ini dilakukan di beberapa lokasi di wilayah Maluku sejak Maret sampai akhir April, sebagai bagian dari upaya agresif Indosat Ooredoo dalam meningkatkan dan memperluas jaringan 4G berkualitas video.

"Hasil uji coba ini akan menjadi sarana pembelajaran bagi komunitas TIP OpenRAN dan membuat kemajuan lebih lanjut untuk memperluas adopsi teknologi OpenRAN secara global," katanya.

SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang, mengatakan jaringan komunikasi yang baik saat ini, terutama dalam masa pandemi, sangat dibutuhkan bagi masyarakat di semua kalangan.

Dia mencontohkan, sejak adanya pandemi para pengusaha terpaksa harus mengubah pola penjualan dengan tidak lagi atau mengurangi pola tatap muka, tapi sudah menerapkan pola online.

"Dengan adanya perubahan pola penjualan seperti itu banyak wirausahawan besar maupun UMKM sangat mengandalkan kekuatan jaringan telekomunikasi untuk bisnisnya," katanya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021