Jakarta (ANTARA) - Manchester City pada Rabu dini hari WIB secara resmi mengkonfirmasi rencana mereka mundur dari Liga Super Eropa, kompetisi tengah pekan tandingan Liga Champions yang baru dibentuk Minggu (18/4).

"Manchester City Football Club mengkonfirmasi telah secara formal melakukan prosedur pengunduran diri dari kelompok yang mengembangkan Liga Super Eropa," demikian pernyataan singkat di laman resmi City.

Pihak City tidak mengungkapkan lebih lanjut alasan keputusan mereka mundur dari kompetisi yang pembentukannya disambut kritik deras dari masyarakat sepak bola serta ancaman sanksi dari otoritas sepak bola seperti FIFA dan UEFA.

Pernyataan itu muncul hanya sekira dua hari setelah mereka bersama 11 tim Eropa lainnya merilis pembentukan Liga Super Eropa.

Baca juga: Manchester City juga dilaporkan akan mundur dari Liga Super Eropa
Baca juga: Chelsea dilaporkan bersiap mundur dari Liga Super Eropa


Selain City, klub Inggris lainnya Chelsea juga dilaporkan tengah mempersiapkan dokumen pengunduran diri dari Liga Super Eropa.

City dan Chelsea, bersama empat tim Inggris lain, Arsenal, Liverpool, Manchester United dan Tottenham Hotspur, merupakan bagian dari 12 klub yang mengumumkan pembentukan Liga Super Eropa.

Sebelumnya, manajer City Pep Guardiola sempat mengutarakan pendapat pribadinya yang menilai konsep Liga Super Eropa tidak mengindahkan prinsip dasar olahraga.

Hal itu merujuk pada keputusan 15 klub pendiri yang akan terus bisa tampil di kompetisi tersebut, sementara lima tim peserta lainnya akan disaring setiap tahunnya.

Baca juga: Buntut kisruh Liga Super Eropa, Ed Woodward dilaporkan mundur dari MU
Baca juga: PM Inggris berharap klub-klub ikuti langkah Chelsea dan City
Baca juga: Para pemain Liverpool kompak unggah penolakan Liga Super Eropa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021