DP3A Sulteng: Laki-laki harus terlibat dalam pemberdayaan perempuan

id Hari Kartini,Zalzulmida Djanggola,DP3A Provinsi Sulteng,Pemprov Sulteng,Ihsan Basir

DP3A Sulteng: Laki-laki harus terlibat dalam pemberdayaan perempuan

Kepala DP3A Provinsi Sulteng Ihsan Basir menyampaikan sambutan pada peringatan hari Kartini tahun 2021, di Palu, Rabu. (Dok DP3A Provinsi Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulawesi Tengah Ihsan Basir menyatakan bahwa kaum adam (laki-laki) perlu dan harus terlibat dalam memberdayakan perempuan, untuk mencapai kesetaraan gender.

"Pemberdayaan terhadap perempuan dan pemenuhan hak perempuan, butuh dukungan penuh dari kaum Adam," ucap Ihsan Basir di Palu, Rabu, berkaitan dengan momentum Hari Kartini 2021.

Terkait momentum Hari Kartini, kata Ihsan Basir, DP3A Provinsi Sulteng memperingatinya dengan mengusung tema "perempuan berdaya, ekonomi kuat di tengah pandemi COVID-19". DP3A Sulteng juga mengusung tagline "laki-laki Sulteng merayakan Hari Kartini".

Ihsan menyebut bahwa pelibatan laki-laki dalam pemberdayaan perempuan, sesuai dengan strategi pemenuhan hak perempuan dan sudah masuk RPJMP Perubahan 2016 - 2021.

"Pelibatan laki-laki agar laki-laki dapat berperan dalam mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, sekaligus untuk mempercepat pencapaian kesetaraan gender," sebutnya Ihsan Basir.

DP3A Sulteng, urai Ihsan Basir melibatkan 100 peserta dari organisasi perempuan, organisasi masyarakat, forum anak dan pemerintah daerah, dalam perayaan memperingati hari Kartini tahun 2021 berlangsung di Palu, Rabu.

Perayaan itu, ujar Ihsan, untuk merefleksikan perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan, penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dan anak, serta memperjuangkan pemenuhan hak perempuan.

"Di satu sisi DP3A Sulteng ingin menegaskan bahwa kesetaraan gender, bukanlah beban perjuangan perempuan semata, melainkan juga merupakan kewajiban dan hak laki-laki," ungkap dia.

"Hal ini untuk meningkatkan dan mewujudkan kualitas hidup perempuan mandiri dan berkepribadian," sebutnya.

Berkaitan dengan itu Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengemukakan peringatan Hari Kartini diharapkan mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

Hal itu diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan.

“Di lain sisi juga memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan apabila diberi peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan yang dimilikinya,” ucap Longki Djanggola.

Sementara itu Anggota DPRD Provinsi Sulteng Zalzulmida Djanggola mengemukakan potensi yang dimiliki perempuan sangat dapat meringankan beban kaum lelaki, karena perempuan bisa meringankan segala hal kehidupan dalam keluarga.
Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyampaikan sambutan pada peringatan hari Kartini tahun 2021, di Palu, Rabu (21/4/2021)
Anggota DPRD Provinsi Sulteng Zalzulmida Djanggola menyampaikan sambutan pada peringatan hari Kartini tahun 2021, di Palu, Rabu.

Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar