KPU Yalimo mulai lipat surat suara PSU pilkada

id kpu yalimo,surat suara,psu pilkada

KPU Yalimo mulai lipat surat suara PSU pilkada

Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen (kiri) bersama staf KPU saat pendistribusian logistik pemilu beberapa waktu lalu. (ANTARA/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pada Kamis untuk mempersiapkan pemungutan suara ulang (PSU) pilkada bupati dan wakil bupati di dua distrik pada 5 Mei mendatang.

Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Kamis mengatakan pengecekan logistik surat suara sudah dilakukan Rabu, (21/4) dan disaksikan bawaslu, kepolisian serta tim sukses dua calon.

"Mulai hari ini akan dilakukan sortir dan pelipatan surat suara di Sekretariat KPU Yalimo di Wamena, Kabupaten Jayawijaya," katanya.

KPU mencatat jumlah pemilih di Distrik Welarek adalah 21,810 orang. Sedangkan untuk Distrik Apalapsili 741.4 orang sehingga jumlah surat suara akan disesuaikan dengan jumlah pemilih.

"Kami pastikan semua logistik yang diperlukan akan rampung April sebelum dilakukan pendistribusian," katanya.

Mantan Ketua Bawaslu Yalimo itu memastikan H-4 atau H-3 sudah dilakukan pendistribusian logistik ke dua distrik. Pendistribusian dilakukan melali udara sebab sangat sulit dilakukan pendistribusian lewat darat.

"Pendistribusian ke Distrik Welarek semuanya dari Wamena (Jayawijaya) karena menggunakan pesawat. Untuk Apalapsili akan dirapatkan lagi karena ada beberapa keputusan yang harus diambil berdasarkan masukan," katanya.

Logistik itu nantinya didistribusikan ke kantor distrik lalu selanjutnya digeser lagi ke tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga: KPU Yalimo miliki 45 hari untuk mempersiapkan PSU
Baca juga: Pleno KPU Yalimo sempat ricuh, satu anggota Polri terpanah

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar