Waskita mendapatkan keuntungan mencapai Rp320 miliar lebih melalui penjualan saham khususnya ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.
Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menanggapi divestasi ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya yaitu PT Waskita Toll Road kepada Kings Ring Ltd.

"Ini adalah langkah besar yang dilakukan oleh Waskita untuk mendapatkan dana cair lagi yang diperuntukkan menambah sehat perusahaan Waskita sendiri," ujar Arya Sinulingga di Jakarta, Jumat.

Menurut Arya, Waskita mendapatkan keuntungan mencapai Rp320 miliar lebih melalui penjualan saham khususnya ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.
Baca juga: Pengamat optimistis divestasi tol Waskita tahun ini sukses

"Kita tahu bahwa beberapa hari lalu sudah terdapat akta jual beli saham antara Waskita dengan Kings Ring Ltd, ini adalah perusahaan yang juga pernah membeli ruas jalan tol di Jawa yang dimiliki oleh Waskita," katanya.

Berdasarkan data, ujar Arya, diketahui bahwa ada sekitar Rp1,4 triliun ekuitas yang ditawarkan. Dari angka Rp1,4 triliun ini, 30 persennya dari ekuitas Rp1,4 triliun itu dimiliki oleh Waskita sekitar Rp420 miliar kemudian ditambah dengan biaya akuisisi maka totalnya sekitar Rp450 miliar.

Arya mengatakan bahwa pembelian dari Kings Ring Ltd. terhadap ekuitasnya Waskita mencapai Rp824 miliar, dengan demikian Waskita mendapatkan keuntungan mencapai Rp320 miliar lebih untuk penjualan saham ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.
Baca juga: Pengamat: Restrukturisasi keuangan bisa membuat Waskita lebih sehat

Sebelumnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya yaitu PT Waskita Toll Road dan Kings Ring Ltd. telah menandatangani kesepakatan jual beli 30 persen saham PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) dengan nilai transaksi sebesar Rp824 Miliar.

Presiden Direktur Waskita Karya Destiawan Soewardjono menjelaskan bahwa PT JMKT merupakan badan usaha jalan tol pemegang konsesi ruas Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi. Transaksi divestasi ini merupakan langkah awal dari program divestasi 9 ruas tol yang direncanakan oleh Waskita pada tahun ini.

Baca juga: Waskita sukses divestasi ruas tol Medan -- Kualanamu -- Tebing Tinggi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021