Bentuk kepedulian untuk membangkitkan kembali usaha UKM, khususnya pedagang pasar yang mayoritas ibu-ibu selain dengan bantuan kredit juga pendampingan
Makassar (ANTARA) - Sitti Saidah, salah seorang karyawan BRI unit layaran Maricaya yang berada di bawah BRI Cabang Somba Opu, Makassar, terus berusaha mendorong kebangkitan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) melalui stimulan kredit produktif.

"Bentuk kepedulian untuk membangkitkan kembali usaha UKM, khususnya pedagang pasar yang mayoritas ibu-ibu selain dengan bantuan kredit juga pendampingan," kata Saidah yang wilayah kerjanya di sekitar Kecamatan Maricaya, Makassar, Minggu.

Pasar Maricaya adalah salah satu pasar tradisional di Makassar yang sempat mengalami kelesuan pada awal pandemi 2020 seperti halnya pasar lainnya.

Akibatnya sebagian besar pedagang kecil di Pasar Maricaya kekurangan modal usaha, karena sudah dipakai untuk menutupi kebutuhan sehari-hari di rumah, karena pembeli hanya dihitung jari yang ke pasar.

Namun pada saat penerapan kebiasaan baru (new normal), lanjut Saidah, mereka kembali beraktivitas namun modalnya sudah minim, sehingga BRI hadir untuk membantu memberikan kredit usaha, agar usahanya kembali normal juga.

Hal itu diakui salah seorang pedagang sayur-mayur dan buah-buahan, Nuraeni.

Dia mengatakan, untuk memulihkan kembali usahanya dibutuhkan modal sedikitnya Rp5 juta.

Karena itu, dia sangat bersyukur mendapat kredit BRI dengan proses pengembalian yang mudah, bisa dibayar per hari maupun mingguan. Selain itu, juga mendapatkan pendampingan dari mantri BRI yang bertugas di lapangan, salah satunya Saidah yang juga sebagai supervisor unit layanan Maricaya.

Baca juga: BRI bantu sanitasi empat pasar di Makassar

Baca juga: Tegas ke pelanggar prokes, Polri beri penghargaan Satpam BRI Makassar

Baca juga: Kanwil BRI-Dinas Pendidikan Makassar siap kerja sama program menabung

Baca juga: BRI Kanwil Makassar dukung PEN melalui penyaluran KUR

 
Kantor BRI Kanwil Makassar. ANTARA Foto/ Suriani Mappong

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021