Pembersihan pantai tersebut sebagai respons laporan adanya anomali lingkungan berupa ceceran cairan berwarna hitam bercampur sampah yang ditemukan di pesisir Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu
Jakarta (ANTARA) - Merespons laporan adanya anomali lingkungan, PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) intensif berkoordinasi dengan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, dalam melakukan pembersihan pantai di pesisir Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Minggu (25/4).

"Pembersihan pantai tersebut sebagai respons laporan adanya anomali lingkungan berupa ceceran cairan berwarna hitam bercampur sampah yang ditemukan di pesisir Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu," kata Manager Communication Relations & CID PHE ONWJ Hari Setyono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Hari Setyono mengatakan PHE ONWJ tetap menyiagakan personil Oil Spill Combat Team (OSCT) berpatroli menyisir lokasi sekitar untuk memastikan kondisi terkendali.

Baca juga: Tumpahan minyak cemari perairan Untung Jawa Kepulauan Seribu

Menurut dia, proses pembersihan ini pun selain bekerja sama dengan Sudin LH Kabupaten Kepulauan Seribu juga berkoordinasi dengan masyarakat sekitar agar proses berjalan cepat sehingga dampak ke lingkungan dapat diminimalisasi.

Dia menuturkan sebelumnya PHE ONWJ sudah melakukan pengecekan sesuai dengan standar prosedur penanganan dalam menjaga keandalan fasilitas.

Secara paralel akan dilakukan pengecekan karakteristik dari sampel ceceran untuk memastikan sumber anomali, katanya.

Baca juga: Pertamina bersihkan tebaran minyak di perairan Karawang

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021