Menpora minta Polri tindak oknum suporter Persija-Persib

id piala menpora,persija,persib,menpora,pssi,zainudin amali

Menpora minta Polri tindak oknum suporter Persija-Persib

Menpora Zainudin Amali saat memberikan sambutan dihadapan atlet NPC Indonesia di Solo, Minggu (18/4/2021). ANTARA/HO-Humas Kemenpora

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Polri untuk menindak tegas oknum suporter Persija dan Persib yang diduga kuat melanggar aturan usai partai final Piala Menpora 2021, Minggu (25/4), baik dengan berkerumun ataupun melakukan perusakan.

"Saya minta tolong kepada pihak kepolisian untuk melihat siapa yang memulai sehingga dapat menjadi pelajaran," ujar Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Senin.

Menpora mengaku sangat menyesalkan terjadinya tindakan-tindakan negatif, baik dari suporter Persija maupun Persib, dalam menanggapi hasil dari partai final Piala Menpora 2021, Minggu (25/4).

Baca juga: Polisi amankan 10 oknum bobotoh yang ricuh di depan kantor Persib 

Zainudin Amali prihatin karena sebelumnya, baik pemerintah, PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB), sudah mengingatkan agar suporter menjaga sikap dan menerima apapun hasil final dengan tenang dan lapang dada.

"Kami sudah berkali-kali mengimbau suporter. Saya juga sudah meminta supaya tidak ada perilaku berlebihan. Ternyata, apa yang terjadi di luar harapan," tutur politikus Partai Golkar itu.

Gerombolan yang diyakini suporter Persija itu melakukan perayaan dengan jumlah besar di beberapa wilayah Jakarta, Minggu (25/4) malam, setelah Persija dipastikan menjadi juara Piala Menpora 2021.

Perilaku tersebut tidak dibenarkan mengingat pemerintah Indonesia tengah menerapkan program pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro pada 20 April-3 Mei 2021.

Baca juga: Piala Menpora: Dari rumah, untuk Indonesia 

Di Bandung, pendukung Persib yang takluk di partai pamungkas merusak kantor PT Persib Bandung Bermartabat dan melakukan razia (sweeping) terhadap kendaraan berplat B.

Sebelumnya, PSSI sudah mengeluarkan pernyataan soal kejadian tersebut melalui laman resminya. PSSI pun meminta maaf, menyayangkan peristiwa itu dan berjanji untuk melakukan evaluasi agar situasi serupa tidak terulang.

Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Menpora 2021 setelah berhasil menaklukkan Persib dalam dua leg final, pada 22 dan 25 April 2021, dengan agregat skor 4-1. 

Baca juga: PSSI minta maaf dan sayangkan sikap suporter Persija-Persib 
Baca juga: Persija Jakarta juara Piala Menpora 
Baca juga: Marc Klok pemain terbaik Piala Menpora 2021 

 

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar