Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog memiliki stok 13 ribu ton daging beku untuk kebutuhan masyarakat di bulan puasa hingga lebaran atau Hari Raya Idul Fitri yang dijual dengan harga murah yaitu mulai dari Rp80 ribu per kilogram.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan di Jakarta, Senin, daging beku tersebut bisa didapatkan di 53 ribu jaringan penjualan produk-produk komersial Bulog di seluruh Indonesia.

"Kita dapat penugasan impor daging 80 ribu ton setahun, tapi tidak 80 ribu ton kita datangkan langsung. Yang sudah disiapkan untuk operasi pasar sebanyak 13 ribu ton untuk kebutuhan puasa dan Lebaran," kata Budi Waseso.

Daging impor itu merupakan daging kerbau yang didatangkan dari India beberapa waktu lalu. Daging kerbau beku tersebut juga dijual secara daring di toko official store iPanganandotcom di Shopee dengan harga Rp84.999 sudah termasuk ongkos kirim untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Solo, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Baca juga: Bulog jual daging lewat daring atasi tingginya harga

Selain daging kerbau, Bulog juga menyiapkan daging sapi lokal yang dijual dengan harga Rp90 ribu per kilogram di toko jaringan penjualan produk-produk komersial Bulog, atau seharga Rp99.999 yang dijual secara daring di tujuh kota Indonesia.

Dirut Bulog menekankan penjualan dagin beku dengan harga murah dilakukan sebagai bentuk kehadiran negara melalui Perum Bulog dalam menjamin ketersediaan daging yang terjangkau untuk masyarakat. "Harganya masih jauh di bawah harga daging di pasar yang Rp130 ribu sampai Rp140 ribu," kata dia.

Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas memastikan bahwa daging impor beku sudah melalui seleksi ketat untuk menjamin keamanan pangan dan kehalalannya. Daging beku yang dibeli secara daring akan dikirim ke konsumen pada hari yang sama untuk menjaga kesegaran produk, atau dikirim keesokan harinya apabila pembeli memesan pada sore atau malam hari.

Buwas juga memastikan daging yang diimpor dari India ini dilakukan sebelum kasus COVID-19 di India kembali meledak di negara tersebut beberapa hari belakangan. Bahkan, Buwas memutuskan untuk menunda impor daging selama kondisi kasus COVID-19 di India masih tinggi demi menjaga keamanan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Perum Bulog tetapkan HET daging kerbau beku Rp80.000 per kilogram

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021