Pemerintah akan membantu membiayai pendidikan anak prajurit kru KRI Nanggala-402 yang dinyatakan gugur saat menunaikan tugas
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita pada Senin (26/4) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari 3,8 juta vaksin AstraZeneca tiba di Indonesia hingga kapal-kapal TNI AL berduka dengan mengibarkan bendera setengah tiang. Berikut berita-berita tersebut :

1. Menkes : 3,8 juta vaksin AstraZeneca akan tiba Senin malam

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan sebanyak 3,8 juta vaksin AstraZeneca akan tiba pada Senin malam ini di Indonesia, yang pengadaannya dilakukan menggunakan skema kerja sama global untuk vaksinasi dan imunisasi (The Global Alliance for Vaccines and Immunisation/GAVI).

"Jadi rencananya akan datang nanti malam 3,8 juta vaksin dari AstraZeneca dalam skema GAVI," ujar Budi Gunadi dalam konferensi pers daring di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

2. Istri awak KRI Nanggala: "Suami saya sudah tenang di sisi Allah bu..."

Suami saya sudah tenang di sisi Allah bu...," kata Mega Dian Pratiwi, istri Serda Ede Pandu Yudha Kusuma, saat Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengunjungi kediamannya di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Serda Ede Pandu adalah satu dari 53 awak KRI Nanggala-402, kapal selam buatan Jerman yang hilang kontak saat latihan penembakan di perairan Bali pada 21 April 2021 dan kemudian dinyatakan tenggelam.

3. Menkes: Indonesia dapat tambahan dosis vaksin COVID-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Indonesia mendapat tambahan dosis vaksin COVID-19 merek Sinovac dan AstraZeneca.

"Di bulan ini kita mendapatkan tambahan vaksin dari Sinovac dan juga terima kasih Bu Menlu sudah merenegosiasi juga dengan GAVI (Global Alliance for Vaccines and Immunization) sehingga kita juga mendapatkan tambahan vaksin dari GAVI," kata Budi Gunadi di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

4. Pemerintah akan biayai pendidikan anak prajurit kru KRI Nanggala-402

Pemerintah akan membantu membiayai pendidikan anak prajurit kru KRI Nanggala-402 yang dinyatakan gugur saat menunaikan tugas di wilayah perairan Bali, kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Senin, ia mengatakan bahwa penyaluran bantuan untuk keluarga kri KRI Nanggala-402 melibatkan beberapa kementerian dan lembaga.

5. Kapal-kapal TNI AL kibarkan bendera setengah tiang

Sejumlah kapal perang Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut yang tengah sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan laut utara Bali.

Kapal kapal yang bersandar di pelabuhan untuk mengisi bahan bakar minyak maupun logistik itu, tampak terlihat mengibarkan bendera setengah tiang di bagian anjungan.

Pewarta: Indriani
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021