Polda Sumut limpahkan kembali perkara korupsi gedung UIN ke kejati

id berita sumut,polda sumut limpahkan kembali,berita medan terkini,polda sumut kembali limpahkan perkara korupsi gedung uin ke kejati

Polda Sumut limpahkan kembali perkara korupsi gedung UIN ke kejati

Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara. (ANTARA/Munawar)

Medan (ANTARA) - Penyidik Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara telah melimpahkan lagi berkas perkara kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung kuliah terpadu Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut Tahun Ajaran 2018 ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut.

"Berkas perkara tersebut dilimpahkan pada Selasa (20/4) merupakan perkara tahap satu," ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, di Medan, Selasa.

Ia menyebutkan, saat ini Polda Sumut masih menunggu petunjuk dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, mengenai berkas perkara yang telah dilimpahkan tersebut.
Polda Sumut telah beberapa kali melimpahkan berkas perkara korupsi pembangunan gedung kuliah terpadu di UIN Sumut ke Kejati Sumut.

"Namun JPU mengembalikan lagi berkas perkara itu kepada Polda Sumut agar dilengkapi," ujar mantan Kapolres Nias Selatan itu.
Baca juga: Tersangka Rektor UIN Sumut belum ditahan

Nainggolan menjelaskan, dalam menuntaskan kasus korupsi di UIN Sumut, penyidik dari Polda Sumut juga telah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi yang berada di Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta.

Sebelumnya, penyidik Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara telah menetapkan tiga orang tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung kuliah terpadu UIN Sumut Tahun Ajaran 2018.

Ketiga tersangka itu, yakni S sebagai Rektor UIN Sumut, SS Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) UIN Sumut, dan JS Direktur PT Multi Bisnis Perkasa.

Penetapan ketiga tersangka itu, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik Ditreskrimsus Polda Sumut dan sejumlah barang bukti yang dikumpulkan. Kemudian hasil audit Perhitungan Kerugian Negara dilakukan BPKP Perwakilan Sumut Nomor R-64.PW02/5.1/2020 tanggal 14 Agustus 2020 senilai Rp10 miliar lebih.
Baca juga: Penyidik Polda Sumut limpahkan perkara korupsi UINSU ke kejati
Baca juga: Tersangka korupsi pembangunan UIN Sumut mangkir dari panggilan polisi

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar