Jakarta (ANTARA) - Telkomsel, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom, bekerja sama dengan University of Telkom menggelar beasiswa demi mempercepat transformasi digital di lingkungan perseroan.

"Kami optimistis bahwa program beasiswa ini dapat membuka lebih banyak peluang akan lahirnya talenta-talenta digital unggul dan berdaya saing tinggi. Dari situ, Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang lebih kaya di bidang teknologi yang kini sudah sangat dibutuhkan untuk mengakselerasi transformasi digital bangsa Indonesia menjadi bangsa dengan kedaulatan dan kemandirian digital yang kuat," kata Direktur Manajem SDM Telkom, R Muharam Perbawamukti, dalam siaran pers, dikutip Rabu.

Telkomsel dan Telkom University menandatangani nota kesepahaman pada Senin (26/4) lalu untuk program beasiswa yang sifatnya berorientasi industri, untuk mahasiswa yang memenuhi kriteria seleksi.

Baca juga: Telkomsel & persatuan perawat buka konseling edukasi seputar COVID-19

"Telkom University siap untuk menjaga amanah yang diberikan oleh Telkomsel untuk mendidik talenta digtal yang akan membantu Telkomsel bertransformasi ke arah bisnis digital. Talenta digital tidak hanya memiliki keterampilan saja, namun, juga harus memiliki karakter yang kuat untuk menjadi digital leader (pemimpin digital). Untuk itu, pendidikan karakter juga sangat penting untuk membekali calon-calon pemimpin yang kelak akan membawa kemajuan dan keberkahan untuk Telkomsel dan lebih jauh untuk bangsa dan negara," kata Rektor Telkom University Adiwijaya, dalam siaran pers bersama Telkomsel.

Beasiswa tersebut nantinya akan menjadi pemenuhan kurikulum berbasis standard kampus yang sudah dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan oleh Telkom University.

Paparan yang berorientasi industri diharapkan bisa menyeleksi mahasiswa terbaik yang memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja, sesuai dengan kebutuhan industri dan standard kompetensi yang disyaratkan di masa mendatang.

"Melalui inisiatif ini, Telkomsel mengajak para mahasiswa untuk terus bergerak maju meningkatkan kapabilitasnya agar dapat menjawab berbagai tantangan di depan. Selanjutnya, Telkomsel pun membuka pintu bagi instansi pendidikan lainnya untuk bersama-sama mengembangkan kualitas dan kapabilitas talenta generasi muda Indonesia yang mampu memberikan kontribusi lebih bagi kemajuan Indonesia sebagai bangsa digital di masa depan," kata Muharam.

Program beasiswa ini diharapkan bisa menjaring talenta yang bisa mengisi ragam fungsi kerja terkini yang dibutuhkan industri dan menjawab tantangan di era digital, yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Baca juga: KKP gandeng Telkomsel hadirkan konten edukasi sektor KP

Baca juga: Telkomsel pastikan jaringan 4G dukung Gernas BBI di Sikka NTT

Baca juga: Telkomsel Enterprise Mobile Security berikan solusi keamanan digital

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021