Saya yakin antusiasme masyarakat kita khususnya para atlet balap akan sangat besar untuk dapat berpartisipasi di ajang internasional ini
Jakarta (ANTARA) - Indonesia memastikan diri akan ikut serta dalam ajang kejuaraan balap mobil FIA Motorsport Games, ajang olahraga balap mobil antarnegara yang terdiri atas 18 multidisiplin pada Oktober 2021.

"Ini adalah pertama kali Indonesia akan mengirimkan tim di ajang balap mobil antarnegara yang resmi diadakan oleh FIA," kata Ketua Delegasi Indonesia Bimo Pradikto, dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu malam.

Kejuaran balap mobil antarnegara itu adalah yang ke-2 kalinya yang dilaksanakan oleh FIA sebagai organisasi tertinggi Motorsport roda empat di dunia.

Baca juga: Hasil Asian Le Mans jadi pijakan Sean Gelael ke FIA WEC

FIA Motorsport Games pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 dan sempat terhenti pelaksanaannya pada 2020 karena adanya pandemi COVID-19, dan ini merupakan kali pertama Indonesia turut mengirimkan kontingen.

Indonesia menurunkan tim yang akan mengikuti 14 dari total 18 cabang balap mobil yang dilombakan dan berlangsung pada 27 -31 Oktober 2021 di Sirkuit Paul Richard dan bermarkas di kota Marseille, Prancis.

Tim yang turun di FIA Motorsport Games 2021 akan berada di bawah koordinasi IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai induk organisasi olahraga bermotor resmi dan tertinggi di Indonesia.

Kontingen Indonesia yang kemudian disebut sebagai Team Balap Indonesia dipimpin oleh Bimo Pradikto sebagai ketua delegasi yang juga merupakan pengurus pusat IMI dan salah satu pereli nasional.

Baca juga: Bamsoet dorong gelaran kejuaraan MX dan GTX internasional

"Saya yakin antusiasme masyarakat kita khususnya para atlet balap akan sangat besar untuk dapat berpartisipasi di ajang internasional ini," kata Bimo.

Selain Bimo, Sean Gelael yang saat ini aktif sebagai pebalap di ajang FIA World Endurance Championship ditunjuk sebagai kapten tim, sementara manajer komunikasi dipegang oleh Sultan Azwar yang tercatat aktif sebagai Direktur Digital IMI.

"Saya mohon dukungan dan doa restu agar misi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Saat ini kita juga sudah mulai membuka pendaftaraan bagi masyarakat umum khususnya pebalap nasional kita untuk bisa ikut serta hingga mengikuti proses seleksi sampai pelatnas nanti," ujar Bimo.

Untuk mengetahui FIA Motorsport Games 2021 lebih jauh dapat mengklik event guide di "http://bit.ly/fiamsg2021eventguide", dan bagi yang berminat bisa melakukan pendaftaran melaluli link berikut, "http://bit.ly/formpendaftaranatlet".

Baca juga: IMI pastikan Indonesia siap gelar ratusan kompetisi balap tahun ini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021