Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat mengguyur sebagian wilayah Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan pada Kamis.

Menurut prakiraan BMKG, hujan lebat dengan curah hujan lebih dari 55 milimeter per hari berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan juga menghadapi potensi hujan lebat.

Di bagian tengah dan timur wilayah Indonesia, hujan lebat diprakirakan dapat terjadi di Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Maluku.

Sementara itu, daerah yang berpotensi menghadapi hujan disertai kilat dan petir meliputi Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Papua.

BMKG menyampaikan peringatan mengenai risiko banjir akibat hujan lebat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah, serta Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Menurut BMKG, ada sirkulasi siklonik di Laut Arafuru bagian barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Laut Timor hingga perairan Kepulauan Tanimbar.

Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi.

BMKG juga memantau daerah konvergensi yang memanjang dari Bengkulu bagian utara hingga Aceh bagian selatan, di sepanjang Laut Natuna, daerah Kalimantan bagian timur, dan perairan timur Sulawesi Tengah.

Baca juga:
Perubahan iklim tingkatkan risiko curah hujan ekstrem
Siklon tropis menghindarkan Jawa bagian barat dari hujan ekstrem

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021