Kiat kreatif tampil jadi kreator konten digital

id kreator konten,content creator,goplay

Kiat kreatif tampil jadi kreator konten digital

Ilustrasi kreator konten. (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Konten digital saat ini kian beragam menyusul banyaknya kreator konten (content creator) di baliknya yang semakin kreatif, mulai dari acara memasak, talk show seputar topik terkini, kelas bahasa asing, tebak lagu dan asah ilmu pengetahuan, sampai main game online bareng.

Buat para content creator yang sedang cari ide baru atau ingin tahu bagaimana cara membangun sebuah tayangan live show yang sukses, GoPlay telah merangkum empat tips khusus. Berikut rangkumannya, dikutip pada Kamis.

Baca juga: GoPlay kembangkan platform live stream untuk wadahi konten kreator

1. Konten kreatif dan tidak pasaran
Kreativitas harus jadi modal dasar setiap content creator. Konten-konten tidak harus selalu baru, tetapi kreator harus punya satu ciri khas yang bikin tampilannya berbeda dari para kreator lainnya. Diperlukan riset dan update tren terkini agar tetap fresh.

Misalnya, manfaatkan momentum Ramadan yang kini tengah berlangsung. Konsep live show seperti Fame Garage Sale yang menghadirkan garage sale baju atau barang preloved untuk kegiatan amal (charity) bisa dijadikan konten menarik sehingga tidak hanya menghibur tetapi juga mengajak penonton untuk berbagi.

Bisa juga berkolaborasi dengan tokoh agama untuk membahas seputar keutamaan bulan Ramadhan seperti karakter animasi Hafiz sajikan bersama dengan Ustad Solmed melalui program acara "Hafiz Trivia Show".

2. Libatkan penonton
Di tengah keterbatasan ruang gerak selama pandemi setahun terakhir ini, penonton sudah beradaptasi dalam menikmati ragam hiburan secara virtual. Namun, melibatkan penonton dan membuat mereka menjadi bagian penting dari live show akan semakin menambah keseruan menonton sekaligus merangkul potensi penonton setia.

Di GoPlay, content creator dapat memancing reaksi dan melibatkan penonton dengan banyak cara seperti chat, polling, shout-out hingga fitur tip-0-meter.

3. Asah terus kemampuan untuk acara live
Keseruan acara live dengan interaksi aktif secara realtime dengan penonton membutuhkan skill host yang mumpuni. Content creator yang juga bertindak sebagai host dituntut untuk terus mengasah kemampuan dalam membawakan acara serta sanggup melakukan banyak improvisasi.

4. Terapkan jadwal tetap untuk jam streaming konten
Untuk sukses mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan penonton memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Konsistensi dalam menetapkan jadwal jam streaming konten adalah kunci penting untuk menambah jumlah penonton setia.

Baca juga: GoPlay dan JKT48 hadirkan wadah berinteraksi dengan fans

Baca juga: GoPlay kini hadirkan tayangan reguler gratis

Baca juga: Serial "Mama Mama Milenial" soroti masalah rumah tangga mama muda

Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar