Jakarta (ANTARA) - Mark Nathan Harmony yang sebelumnya dikenal sebagai petenis cilik berdarah Indonesia, semakin aktif merambah dunia musik melalui album barunya bertajuk "Help Me Understand" dengan nama panggung Marki.

Marki, melalui keterangannya pada Jumat mengungkapkan dirinya memilih musik sebagai pelarian dari berbagai macam persoalan dan kegundahan yang dirasakannya selama hidupnya.

"Musik itu benar-benar bentuk pelarian buat aku. Dari semua kehancuran dunia ini, aku bisa tetap pulang ke musik, dan kaya aku pulang ke rumah. Masih ada musik walaupun nggak ada siapa-siapa. Musik yang selalu ada kemana pun aku pergi," kata anggota US Navy yang kini berdinas di Yokosuka, Jepang itu.

Baca juga: Andmesh perkenalkan lagu baru berjudul "Tiba-Tiba"

Marki yang menjalani tugas sebagai tentara, kerap dikirim ke wilayah konflik seperti Timur Tengah dan wilayah lainnya yang membuatnya semakin jauh dari keluarga. Selama 4,5 tahun bertugas di US Navy, Marki kerap merasa kesepian dan sendirian. Hanya musik yang bisa membuatnya tak lagi merasa kesepian.

Ia kemudian mulai aktif menulis lagu pada 2018 setelah menemukan banyak hal yang menimbulkan ragam pertanyaan di dalam benaknya. Ketidaktahuannya dalam menemukan jawaban dari setiap pertanyaan itulah yang kemudian sangat memengaruhi lirik dan musik yang ia buat. Khususnya di dalam album terbarunya, ‘Help Me Understand’.

"Aku sudah ke berbagai bagian di dunia ini dan aku suka baca buku untuk mencari jawaban. Tapi masih banyak hal-hal yang nggak bisa aku temuin jawabanya. Makanya aku bikin album ini dan semoga ada orang-orang yang bisa ‘help me understand’," kata Marki.

"Help Me Understand" merupakan album yang berisikan lagu-lagu dengan warna musik yang berbeda dan lirik yang begitu dalam. Digarap sejak November 2020, Marki banyak memberikan sentuhan instrumen seperti synth, drums, piano, guitar, trumpet pada setiap lagunya sehingga warna musiknya lebih bervariasi karena ada nuansa R&B, alternatif dan hip-hop.

Total ada 10 lagu yang ada di dalam album tersebut. Marki mengaku ada dua lagu andalan pada album terbarunya ini, yaitu "Help Me Understand" dan "Saat Matahari Terbenam". "Dua lagu ini liriknya sangat jujur-sejujurnya menceritakan perasaanku yang terpendam selama ini,” jelasnya.

Lagu-lagu yang diciptakan Marki banyak dipengaruhi oleh musisi dalam dan luar negeri, seperti Drake, J. Cole, Glenn Fredly, Ipang Lazuardi, Tupac, dan Bryson Tiller. Selain itu, lagu-lagu di album terbarunya ini juga sangat dipengaruhi kehidupan yang pernah dilaluinya.

Bekerja sama dengan Wander Digital, album "Help Me Understand" rilis perdana pada 30 April 2021 dan tersedia di layanan musik digital.

Baca juga: Bastian Steel ungkap tak mustahil eks Coboy Junior rilis lagu baru

Baca juga: Sidzia Madvox rilis single "road to Manajemen Nafsu Album"

Baca juga: Lagu baru Armada angkat tema soal "ghosting"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021