Jakarta (ANTARA) - Peserta didik Sekolah Staf Pimpinan (Serdik-Sespimti) Lemdiklat Polri angkatan 30 melaksanakan bakti sosial berskala nasional dengan menyalurkan bantuan di 8 provinsi dan 10 kabupaten/kota di Indonesia, Jumat.

Kepala Sespim Polri Irjen Pol Rahmat Sunanto dalam keterangan tertulisnya, menyebutkan bakti sosial tersebut membagikan 3.500 paket sembako, 10 ton beras dan uang tunai Rp 100 juta kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Bakti sosial Serdik Sespimti Lemdiklat Polri angkatan 30 ini sesuai dengan program pemerintah untuk Indonesia sehat dan memulihkan ekonomi nasional," kata Rahmat.

Kegiatan bakti sosial ini melibatkan petugas Bhabinkamtibmas maupun Babinsa yang menyalurkan bantuan. Secara simbolis bantuan diberikan kepada 40 personil yang nantinya akan distribusikan kepada masyarakat di sekitar Lembaga Pendidikan Sespim di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

"Tujuan lainnya meningkatkan sinergitas antara Serdik Sespimti yang berasal dari Polri/TNI, Kejaksaan Agung, dan Kemenkumham serta membiasakan melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan," kata Rahmat.

Baca juga: Pusdokkes Polri bakti kesehatan pascabanjir Kalsel

Sementara itu, Ketua Senat Sespimti KBP Budi Herdi menjelaskan, selain bakti sosial, juga dilakukan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat terdampak dan kelompok rentan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan vaksinasi dibagi menjadi dua tahap dengan alokasi 400 orang.

"Vaksin yang pertama dilaksanakan pada 30 April 2021 dan dilanjutkan vaksin kedua yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2021," bebernya.

Budi menyebutkan, dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 nanti akan bekerjasama dengan Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Bandung Barat, Dinkes Kabupaten Cimahi dan Klinik Pratama Sespim Polri, Dinkes Cimahi dan Dinkes Provinsi Jabar.

Disamping itu ada juga bantuan berupa bahan bangunan untuk Provinsi NTT terutama pembangunan Markas Komando (Mako) Kepolisian yang terdampak Bencana alam.

Budi merincikan kegiatan bakti sosial berskala nasional ini meliputi bakti sosial di Provinsi Jabar (Lembang) akan menerima Sembako sebanyak 1.000 paket.

Provinsi Banten (Serang) bertempat di wilayah hukum Polres Serang dan sekitarnya akan dilakukan pembagian 500 Paket Sembako, yang dilakukan oleh Kapolres Serang bersama Forkopimda setempat.

Baca juga: Korlantas Polri gelar baksos untuk supir bajaj Jakarta Selatan

Provinsi DKI Jakarta, bertempat di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara akan dibagikan 500 Paket Sembako dan 10 Ton Beras akan diberikan oleh Kapolres Metro Jakarta Utara, beserta Forkopimda setempat.

Berikutnya, Provinsi Jawa Tengah (Semarang dan Solo) ada 250 paket dibagikan, bertempat di wilayah hukum Polrestabes Semarang di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara akan dibagikan oleh Forkopimda setempat. Di wilayah Polresta Surakarta, akan dilaksanakan di Ponpes Al Quraniy Azzayadiy, Kota Solo.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta disiapkan 250 paket bertempat di wilayah hukum Polresta Yogyakarta dan sekitarnya tersedia 250 paket Sembako, yang akan dilakukan oleh Kapolresta Yogyakarta beserta Forkopimda setempat.

Provinsi Jawa Timur (Malang dan Lumajang) tersedia 500 paket bertempat di wilayah hukum Polres Malang terutama 4 Kec terdampak parah bencana, yaitu Kec. Dampit, Tirtoyudo, Sumber Manjing Wetan dan Ampel Gading. Kabupaten Malang paket Sembako akan dibagikan oleh Kapolresta Malang bersama Forkopimda setempat. Wilayah Polres Lumajang di Kec. Pronojiwo dan Tempursari yang terkena dampak paling parah terkena gempa.

Provinsi Sumatera Utara (Medan) bertempat di Mako Ditpolairud Polda Sumut, akan dilaksanakan Pembagian 500 Paket Sembako yang dilakukan oleh Dirpolairud Polda Sumut, Danlanal Sumut dan perwakilan panti asuhan.

Terakhir di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bertempat di wilayab hukum Polres Kupang, akan dilakukan penyerahan uang tunai Rp 100 juta untuk pembelian bahan bangunan yang akan diberikan langsung oleh Kapolda NTT.

Baca juga: Polri gelar baksos serentak besok bantu warga terdampak Corona

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021