Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan hingga Kamis 29 April 2021, sekurangnya sebanyak 7.206 karyawan yang berdinas di 15 bandara dan kantor pusat telah menerima vaksinasi COVID-19 secara bertahap.

"Hingga akhir bulan April ini jumlah karyawan Angkasa Pura I yang telah menerima vaksin semakin bertambah, bahkan banyak di antaranya yang sudah menerima suntikan vaksin tahap kedua dan akan terus bertambah," kata Faik Fahmi dalam pernyataan pers di Jakarta, Jumat.

Faik mengatakan karyawan yang telah menerima suntikan vaksin tersebut terdiri atas personel garis depan yang berhubungan dengan pelayanan pengguna jasa bandara serta karyawan administrasi.

Ia menyebut, keikutsertaan karyawan Angkasa Pura I dalam program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah tersebut merupakan perwujudan komitmen perusahaan dalam mendukung percepatan program vaksinasi nasional, serta untuk membangkitkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan Angkasa Pura I di bandara-bandara yang dikelola.

"Program vaksinasi yang berjalan dengan cepat dan tepat ini merupakan hal yang sangat positif, utamanya karena kami beroperasi di sektor transportasi udara yang berhubungan dengan kemaslahatan masyarakat banyak. Personel kami, terutama yang bersentuhan langsung dengan pelayanan pengguna jasa bandara, selalu kami utamakan kondisinya agar senantiasa sehat dan selamat," katanya.

Dengan jumlah karyawan perusahaan sebanyak 9.456 orang, maka sekurangnya sebanyak 76 persen dari total keseluruhan karyawan Angkasa Pura I telah menerima vaksinasi.

Jika dirinci, sebanyak 6.640 karyawan Angkasa Pura I di 15 bandara kelolaan telah menerima suntikan vaksin yang diselenggarakan oleh Pemerintah melalui Kantor Otoritas Bandar Udara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan. Sedangkan sebanyak 566 karyawan yang berdinas di kantor pusat telah mengikuti program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Semakin banyaknya personel kami yang telah menerima vaksinasi, terlebih sudah banyak yang menerima vaksin tahap kedua, diharapkan dapat semakin menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa perjalanan dengan menggunakan moda transportasi udara merupakan hal yang aman," ujar Faik Fahmi.

Selain personel Angkasa Pura I, karyawan dari mitra kerja di beberapa bandara juga telah mengikuti program vaksinasi. Setidaknya sebanyak 5.600 karyawan dari mitra kerja telah menerima suntikan vaksin yang dilaksanakan di sejumlah bandara.

"Selain personel kami, di beberapa bandara juga telah dilaksanakan vaksinasi untuk mitra kerja. Semakin bertambahnya jumlah personel instansi komunitas bandara yang sudah divaksin, diharapkan dapat menjadi promotor bagi masyarakat luas untuk ikut dalam program vaksinasi dari Pemerintah, serta dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan di bandara," katanya.
Baca juga: AP I akan batasi jam operasional Bandara Internasional Yogyakarta
Baca juga: Angkasa Pura I layani 6,1 juta penumpang pada triwulan I 2021

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021