Saya akan berkoordinasi agar rute Kualanamu-Sabang ini bisa dibuka kembali, tujuannya untuk membangkitkan pariwisata dan tentunya menghidupkan ekonomi kreatif kita
Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak guna mengaktifkan kembali rute penerbangan ke wilayah Kota Sabang.

Menurut Sandi, dulu Bandara Maimun Saleh milik TNI Angkatan Udara di Sabang itu melayani jalur penerbangan dari Kualanamu Sumatera Utara ke Sabang, namun dalam beberapa tahun terakhir tidak lagi beroperasi.

"Saya akan berkoordinasi agar rute Kualanamu-Sabang ini bisa dibuka kembali, tujuannya untuk membangkitkan pariwisata dan tentunya menghidupkan ekonomi kreatif kita," kata Sandiaga Uno di Sabang, Sabtu.

Penyataan itu disampaikan Sandi saat berkunjung ke daerah Pulau Weh. Ia didampingi istrinya Nur Asia, para deputi Kemenparekraf serta anggota Komisi DPR RI Illiza Saaduddin Djamal.

Selain mengupayakan pembukaan rute penerbangan, Sandi juga akan menjaring investor, baik domestik maupun mancanegara guna menyokong pembangunan di Kota Sabang.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) untuk mengajak para investor menghadirkan beragam fasilitas dan usaha di kawasan Sabang.

"Kuncinya adalah kita bisa menggerakkan kembali ekonomi, membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif kita, tentunya membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Sabang Nazaruddin berharap kunjungan Sandiaga Uno ke Sabang dapat memberikan kontribusi besar terhadap pariwisata Sabang, khususnya lima pulau yakni Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah dan Pulau Seulako.

"Dengan kehadiran bapak kami mendapat nilai yang positif. Kami berharap agar rute penerbangan ke Sabang kembali dibuka," katanya.

Baca juga: Menparekraf: Aceh opsi berwisata bagi wisatawan nusantara

Baca juga: Acara berskala nasional di daerah diharapkan dorong pariwisata lokal

Baca juga: Event lokal geliatkan kembali sektor pariwisata daerah

Baca juga: Transaksi pariwisata Aceh Travel Mart capai Rp2 miliar

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021