Yogyakarta (ANTARA News) - Paduan suara mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta, meraih juara II untuk kategori "folklore with koreography" di ajang "World Choir Games" di Shaoxing, China, yang berlangsung pada 15-26 Juli 2010.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Hukum Biro Kerja sama dan Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, AYN Warsiki, Senin, paduan suara mahasiswa UPN Veteran mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan ini merupakan pertama kalinya tampil di Olympic Choir.

Ia mengatakan PSM yang dikenal dengan nama Vocalista Paradisso Choir ini, sebelumnya hanya sering ikut di lomba tingkat nasional. "Olympic Choir ini diikuti peserta dari sekitar 80 negara," kata Warsiki.

Peserta dari Indonesia tidak hanya dari UPN Veteran Yogyakarta, tetapi juga ada dari daerah lain di antaranya Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan Jawa Tengah yang diwakili PSM Universitas Negeri Sebelas Maret Solo.

Warsiki mengatakan PSM Vocalista Paradisso UPN "Veteran" Yogyakarta meraih juara II dalam

kategori "folklore with koreography" dengan menyanyikan lagu-lagu etnik beserta tariannya. "Lagu-lagu daerah beserta tariannya itu, di antaranya Soyana, Janger, dan Anoman Obong," katanya.

Ketika tampil di Olympic Choir itu, anggota PSM UPN Veteran Yogyakarta mengenakan pakaian daerah khas Yogyakarta, yaitu kemben untuk wanitanya, dan pria memakai baju batik khas Yogyakarta.

"Kami menargetkan PSM UPN Veteran Yogyakarta dapat ikut lagi dalam `World Choir Games 2012` di Cincinnati, Amerika Serikat. Lomba ini digelar setiap dua tahun sekali," katanya.
(U.ANT-161/M008/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010