Menjelajahi penawaran untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2036 atau 2040 adalah bagian dari rencana saya untuk membangun masa depan yang lebih cerah untuk London setelah pandemi
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota London Sadiq Khan mengatakan akan mencoba untuk membawa Olimpiade dan Paralimpiade kembali ke ibu kota Inggris jika dia terpilih kembali.

Politisi Partai Buruh itu mengatakan dia akan membentuk komite eksplorasi untuk penawaran menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2036 atau 2040.

London akan menjadi kota pertama yang menyelenggarakan empat pertandingan musim panas di era Olimpiade modern jika penawaran tersebut berhasil.

Baca juga: Enam staf kirab obor Olimpiade Tokyo didiagnosis COVID-19

Khan (50) mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan wali kota pada Kamis (6/5), dan telah memimpin pemilu dibanding pesaing terdekatnya.

"Menjelajahi penawaran untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2036 atau 2040 adalah bagian dari rencana saya untuk membangun masa depan yang lebih cerah untuk London setelah pandemi," kata Khan, dikutip dari AFP.

"Ini akan membantu mempercepat proyek infrastruktur hijau, yang sangat dibutuhkan, membawa serta pekerjaan dan investasi jangka panjang."

"Ambisi saya adalah agar London menjadi tuan rumah pertandingan paling berkelanjutan yang pernah ada, menampilkan Green New Deal untuk London dengan investasi dalam proyek rendah karbon, tindakan untuk membersihkan udara London dan menampilkan kota dengan konsep kota taman nasional pertama di dunia."

London terakhir kali menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade pada 2012, ketika Perdana Menteri Inggris saat ini Boris Johnson menjadi wali kota.

Menurut Khan, dengan menggunakan tempat dan fasilitas yang dibangun untuk acara itu akan berkontribusi pada target keberlanjutan penawaran di masa depan.

Baca juga: Sekjen LDP: Pembatalan Olimpiade bisa jadi opsi jika COVID-19 memburuk

Olimpiade tahun 2012 dianggap berjalan lancar berkat infrastruktur yang efisien, logistik, dan penyelesaian tempat baru yang tepat waktu setelah periode perencanaan tujuh tahun.

Situs Taman Olimpiade telah membantu meregenerasi daerah sekitarnya di London timur, yang sebelumnya merupakan salah satu lingkungan paling miskin di ibu kota Inggris.

Survei tahun 2012 untuk panitia penyelenggara Olimpiade menunjukkan bahwa 65 persen responden berpendapat panitia berhasil meningkatkan citra London dan Inggris di mata dunia.

Masa jabatan empat tahun Khan sebagai wali kota London berakhir pada 2020 tetapi kedatangan pandemi virus corona di Inggris memaksa pemilihan lokal ditunda satu tahun.

Khan menjadi wali kota Muslim pertama di kota Eropa ketika dia terpilih sebagai wali kota London pada 2016 dan merupakan salah satu dari 20 kandidat yang mencalonkan diri dalam pemilu tahun ini.

Baca juga: Ofisial Olimpiade wajib jalani tes COVID-19 setiap hari

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021