Sandiaga lantik 29 pejabat eselon II di lingkungan Kemenparekraf

id Kemenparekraf,sandiaga uno,pelantikan pejabat,eselon ii,parekraf

Sandiaga lantik 29 pejabat eselon II di lingkungan Kemenparekraf

Sandiaga lantik 29 pejabat eselon II di lingkungan Kemenparekraf. (Birkom Kemenparekraf)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melantik 29 orang pejabat di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik pada hari ini dan siap segera melaksanakan tugas dan fungsi memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga dalam acara pelantikan digelar secara “hybrid” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu.

Mereka juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan dedikasi juga loyalitasnya sehingga meningkatkan kinerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara keseluruhan.

Pelantikan pejabat eselon II merupakan upaya Kemenparekraf dalam melakukan penataan struktur organisasi, yakni dengan 2 level pada Jabatan Pimpinan Tinggi, yaitu JPT Madya dan JPT Pratama, dan menghilangkan level Jabatan Administrasi (Eselon III dan IV) yang tugas dan fungsinya dapat dilaksanakan oleh Pejabat Fungsional.

Baca juga: Menparekraf ingatkan pengelola wisata untuk prokes ketat

Baca juga: Sandiaga Uno ingin kekayaan intelektual bisa jadi agunan kredit


Hal itu sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 1 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemenparekraf/Baparekraf.

Sebanyak 29 Pejabat Eselon II yang dilantik terdiri dari Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan; Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi; Kepala Biro Komunikasi;
Sekretaris Deputi Bidang Kebijakan Strategis; Direktur Kajian Strategis; Direktur Regulasi; Sekretaris Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan; Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif; Direktur Hubungan Antar Lembaga; serta Direktur Tata Kelola Destinasi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur.

Kemudian Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur; Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur; Direktur Pengembangan Destinasi II Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur; Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Usaha Deputi Bidang Industri dan Investasi.

Selanjutnya, ada juga Direktur Manajemen Industri Deputi Bidang Industri dan Investasi; Direktur Manajemen Investasi; Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara; Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I; Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II; Direktur Wisata Minat Khusus; Direktur Pertemuan, Insentif, Konvensi dan Pameran.

Kemudian Direktur Event Nasional dan Internasional; Direktur Event Daerah; Sekretaris Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif; Direktur Tata Kelola Ekonomi Kreatif Digital; Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio; Direktur Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen; Direktur Musik, Film, dan Animasi; serta Direktur Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif.

Pada acara pelantikan, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, serta para pejabat eselon I.

Sandiaga menjelaskan bahwa proses penataan pejabat pimpinan tinggi ini dilakukan melalui uji kompetensi dengan mekanisme job fit yang dilakukan oleh panitia seleksi.

Proses job fit merupakan uji kesesuaian kualifikasi dan kompetensi yang dilakukan sebagai salah satu cara menentukan pimpinan untuk menempati posisi yang tepat dan menggali potensi yang ada pada seseorang untuk menduduki jabatan tersebut.

Melalui penempatan baru para pejabat eselon II saat ini, Sandiaga berharap dapat menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik, serta mempercepat pencapaian target kinerja Kemenparekraf/Baparekraf.

"Mari kita saling mendukung satu sama lainnya karena saya sangat yakin ‘teamwork’ yang baik untuk suatu organisasi akan menghasilkan kualitas organisasi yang lebih baik," ujarnya.*

Baca juga: Menparekraf dukung pengembangan wisata halal Banda Aceh

Baca juga: Menparekraf gagas Pantai Lampuuk Aceh untuk ajang triatlon

Pewarta : Hanni Sofia
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar