UI kenalkan program pendidikan D3 hingga S3

id ui,universitas indonesia,abdul haris

UI kenalkan program pendidikan D3 hingga S3

Wakil Rektor UI Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris (kanan bawah). ANTARA/HO-Humas UI.

Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) melakukan sosialisasi jalur masuk dan program pendidikan mulai dari jenjang D3 hingga S3, melalui UI Open Days yang digelar secara daring selama lima hari, Selasa hingga Sabtu, 4 - 8 Mei 2021 (pukul 13.00-17.00 WIB).

"Kita bisa bertemu dan berinteraksi secara langsung untuk menyampaikan informasi dari semua fakultas, sekolah, program pendidikan vokasi, dalam suasana hangat dan menyenangkan," kata Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr rer nat Abdul Haris dalam keterangannya, Kamis.

UI Open Days dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr rer nat Abdul Haris, hadir para dekan/direktur fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi, Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra Amelita Lusia MSi., Kepala Humas fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi, kepala sekolah dari sekolah menengah atas di seluruh Indonesia, para guru sekolah, dan para orang tua siswa.

Baca juga: Rektor UI lantik Wakil Direktur Sekolah Ilmu Lingkungan dan SKSG

Kegiatan ini dapat disaksikan melalui aplikasi zoom dan kanal media sosial resmi UI diantaranya youtube dan instagram yang dihadiri oleh ribuan pengunjung calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Prof Abdul Haris mengatakan bahwa ajang ini hadir untuk menyediakan informasi yang akurat bagi para calon mahasiswa baru UI, sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan di UI dan sebaliknya UI mendapatkan calon mahasiswa terbaik.

Prof. Haris berharap, seluruh peserta baik guru, orang tua siswa, dan calon mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan baik ini untuk mengenal jurusan yang menjadi impiannya.

Baca juga: Rektor UI: Sektor industri sumbang 20 persen PDB

Sementara itu Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra Amelita Lusia, MSi mengatakan acara ini terdiri dari talkshow, presentasi dari 17 fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi, dan virtual booth.

Ada banyak kesempatan untuk berkuliah di UI yaitu melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, ada jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Talent Scouting, dan SIMAK UI. Kami berharap pihak sekolah, para guru, calon mahasiswa baru dapat mencari informasi akurat dari sumber tepercaya langsung dari institusi pendidikan tinggi yang diinginkan.

Ia berharap acara ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar para calon mahasiswa baru semakin yakin memilih program studi, dan dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pihak sekolah dan juga fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi.

Baca juga: Guru Besar UI: WHO teliti kemampuan mutasi ganda varian B1617

Panitia kegiatan UI Open Days, yang terdiri dari Biro Humas dan KIP bersama Humas fakultas/sekolah pascasarjana/program pendidikan vokasi berusaha menyajikan informasi akurat, lengkap, dan terbaru tentang jalur masuk UI, program pendidikan yang ada di UI, fakultas dan program studi beserta peluang karier, kehidupan kampus, hingga inspirasi dan motivasi dari mahasiswa UI.

Saat ini UI memiliki 117 program studi (prodi) yang terdiri atas 9 prodi D3 Vokasi, 6 prodi D4, 64 prodi S1 Reguler, dan 38 prodi S1 paralel.

Untuk SIMAK kelas internasional terdapat 16 program studi untuk lulusan SMA/sederajat. UI menerima mahasiswa baru jenjang S1 reguler melalui tiga jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 20 persen, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 30 persen, dan SIMAK UI yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50 persen.

Untuk jenjang S1 paralel, S1 kelas internasional, dan Vokasi UI 2021 adalah melalui Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)/Talentscouting dan SIMAK UI. Kuota penerimaan S1 Paralel adalah 50 persen (melalui PPKB UI) dan 50 persen (SIMAK UI), untuk S1 kelas internasional adalah 40 persen (melalui talentscouting) dan 60 persen lewat SIMAK UI, sedangkan Vokasi UI adalah 70 persen (melalui PPKB UI) dan 30 persen (SIMAK UI).

Jalur mandiri SIMAK UI akan dibuka pada 3 Mei – 9 Juni 2021 dengan materi seleksi Kriteria Nilai UTBK (untuk pendaftar S1 Reguler) dan nilai ujian SIMAK UI, yang terdiri dari Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan, Kemampuan IPA terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia, dan Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi.

Untuk kelas internasional, yang akan diuji adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science), dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian, dan World History, Geography, Sociology (Social Science).

Pewarta : Feru Lantara
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar