Padang (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Riset dan Teknologi memberikan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat kepada 81 perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada ruang lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X.

"Alhamdulillah, sebanyak 277 judul penelitian dan 30 judul pengabdian didanai Kemdikbudristek," Kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA di Padang, Jumat.

Ia mengucapkan selamat atas lulusnya proposal penelitian dan pengabdian dari 81 PTS untuk dibiayai tahun anggaran 2021.

Herri menyampaikan bagi PTS yang belum lolos, jangan patah semangat dan teruslah melakukan penguatan penulisan proposal sehingga bisa menang dan memperoleh pembiayaan pada tahun depan.

Baca juga: LLDIKTI-X segera sosialisasikan vaksinasi bagi seluruh dosen

Baca juga: LLDikti sebut delapan PTS jadi sentra vaksinasi PTK di Jakarta


Sebanyak 277 judul penelitian yang lulus hibah terdiri dari penelitian dasar 10 judul, penelitian dasar unggulan 7 judul, penelitian disertasi doktor 1 judul, dan penelitian dosen pemula 219 judul.

Kemudian, penelitian kerja sama antar perguruan tinggi 10 judul, penelitian terapan 10 judul, penelitian terapan unggulan 18 judul, dan world class research dengan 2 judul.

Ia mengatakan PTS terbaik dalam perolehan terbanyak hibah penelitian tahun 2021di bidang akademik adalah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat tertinggi dengan 15 judul.

Selanjutnya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Muaro Bungo 14 judul, dan Universitas Dharmas Indonesia 12 judul.

Sedangkan di bidang vokasi, Politeknik Jambi 4 judul, AMIK Mitra Gama 3 judul, Akademi Keperawatan Setih Setio 3 judul.

Kepala Lembaga mengharapkan agar kinerja perguruan tinggi melalui Tridharma terus meningkat. Tidak hanya mengajarkan dan memahami ilmu, akan tetapi bagaimana ilmu itu dipakai dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan penyerahan kontrak hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat tahun anggaran 2021 itu telah dilaksanakan secara daring, Kamis (6/5).*

Baca juga: LLDIKTI Wilayah X raih tiga penghargaan anugerah humas Dikti 2020

Baca juga: LLDIKTI Wilayah XI dorong dosen tingkatkan pelaksanaan Tri Dharma

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021