Diharapkan dengan cara ini BUMN-BUMN karya akan semakin fokus dalam berbisnis
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mengungkapkan dengan target BUMN karya menjadi jawara atau champion dalam sektor tertentu, ke depannya diharapkan perusahaan plat merah itu fokus dalam berbisnis.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan fokus dari masing-masing BUMN karya ke depannya memang bukan holding kekaryaan atau perusahaan karya, melainkan bagaimana klaster-klaster di mana mereka memiliki kekuatan, mereka memiliki champion-nya.

"Diharapkan dengan cara ini BUMN-BUMN karya akan semakin fokus dalam berbisnis," ujar Arya Sinulingga dalam Indonesia Muda Club di Jakarta, Jumat.

Mudah-mudahan dengan cara fokus menjadi champion ini juga, kata Arya, BUMN-BUMN Karya tidak hanya bertarung di dalam negeri namun juga bisa bertarung di kancah internasional.

"Karena dengan fokus maka mereka akan menambah sumber daya manusia yang lebih baik, teknologi yang lebih baik, dan juga modal yang lebih baik sehingga BUMN-BUMN Karya Indonesia akan go global ke depannya," kata Stafsus III Menteri BUMN tersebut.

Sebelumnya BUMN-BUMN karya menargetkan untuk menjadi champion atau pemain unggulan dalam sektor konstruksi tertentu.

Salah satunya PT Hutama Karya (Persero) menargetkan untuk menjadi  jawara di sektor infrastruktur jalan dan industri turunannya.

Sedangkan PT Adhi Karya (Persero) Tbk ke depannya akan menjadi andalan dalam bidang konstruksi perkeretaapian dan kereta cepat atau high speed train.

Sementara itu PT PP (Persero) Tbk akan menjadi andalan dalam bidang konstruksi infrastruktur pelabuhan, Engineering, Procurement and Construction atau EPC dan pembangkit listrik.

Baca juga: Peran BUMN Karya lanjutkan konstruksi tol nasional era COVID-19

Baca juga: Menteri PUPR apresiasi dukungan BUMN karya dalam penanganan COVID-19

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021