Jakarta (ANTARA) - Sutradara ternama asal Iran Majid Majidi membocorkan sisi lain dari film "Sun Children" dalam pembukaan Iranian Film Festival yang dimoderatori Riri Riza. Film yang masuk daftar nominasi Oscar 2021 menjadi film pembuka di acara yang berlangsung pada 5-20 Mei 2021 dan diselenggarakan Klik Film.

Dalam pembukaan tersebut, Majid Majidi mengakui kalau dirinya senang Iranian Film Festival digelar di Indonesia karena dia merasa ada kesamaan antara Indonesia dan Iran.

“Indonesia itu salah satu negara yang sangat saya suka dan satu negara yang mirip dengan Iran dengan mayoritas penduduknya beragama muslim dan saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh rakyat Indonesia,” ujar sutradara kelahiran 17 April 1959 ini, dikutip dari keterangan resmi, Sabtu.

Baca juga: Iran-Kanada akan produksi film animasi

Di balik film-film Majid Majidi seperti "Children Of Heaven" yang memenangkan Academy Award 1998 untuk kategori Film Asing Terbaik, "The Song Of Sparrows" dan "Sun Children" yang selalu mengangkat anak kecil, Majid memiliki sebuah pandangan yang mulia pada anak-anak.

“Saya melihat anak-anak di sebuah negara itu bisa membangun masa depan yang baik bagi bangsa tersebut. Anak-anak adalah harta yang penting sekali bagi kita semua karenanya saya membuat film yang ada hubungannya dengan anak-anak agar bisa fokus mengangkat anak-anak di satu negara, tidak hanya di negara saya saja melainkan di seluruh dunia," kata dia. 

"Saat ini ada sekitar 150 juta anak anak yang dimanfaatkan untuk berkerja keras di masa kecilnya. Itu sebabnya saya ingin fokus membuat film-film terkait anak agar suara mereka ini bisa didengarkan di seluruh dunia,” ungkapnya. 

Dalam dialog antara Majid dan Riri Riza, dia menyebutkan semua karyanya disampaikan lewat mata anak-anak. Dia menggambarkan seorang anak tidak akan pernah berhenti untuk sesuatu yang lebih baik.

"Demikian pula dengan segala pikiran seorang anak tentunya kebaikan,semua film saya selalu memperlihatkan bahwa disitu selalu ada harapan, keinginan, karakter itu selalu berusaha dan tak mau berhenti sampai mencapai tujuannya dan keinginannya. Kebersihan dan kejujuran hati anak-anak."

Di film "Sun Children", dikatakan para pemainnya adalah murni anak-anak yang memang mengalami kesulitan hidup, hidup di perempatan jalan misalnya.

"Penting sekali untuk seluruh dunia bisa melihat pesan ini, kejujuran dan kebersihan hati,” tambahnya.

Baca juga: "Old Men Never Die", lansia mencari malaikat pencabut nyawa

Baca juga: Dilarang ke festival, karya sutradara Iran tentang perempuan diputar di Cannes

Baca juga: Film Iran menangkan Oscar untuk film berbahasa asing terbaik

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021