Komisi V DPR tinjau Pelabuhan Merak, ini komentarnya

id pelabuhan merak,asdp,komisi v dpr

Komisi V DPR tinjau Pelabuhan Merak, ini komentarnya

Ilustrasi: Situasi terminal dan penumpang layanan eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten. ANTARA/Istimewa

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarif Abdullah mengatakan layanan dan fasilitas penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten, memuaskan, sebagai bukti peningkatan peradaban dan citra positif bangsa dalam sektor transportasi.

"Sudah kita lihat bersama-sama, ini cukup memuaskan. Kalau naik kapal feri sekarang sudah tidak ada bedanya seperti naik pesawat," kata Syarif yang pada Jumat (7/5) meninjau fasilitas Pelabuhan Merak dan pelayanan mudik.

Melalui keterangan tertulis, Sabtu, ia pun menyebut operasional pelabuhan sudah berjalan efektif dengan koordinasi yang baik antara ASDP, Kementerian Perhubungan, Kepolisian, Kesehatan Pelabuhan, dan mitra terkait lainnya.

Selaun itu ia juga berharap ASDP membenahi dan meningkatkan layanan dan fasilitas pelabuhan di Ketapang, Banyuwangi, yang terdapat layanan penyeberangan menuju wisata favorit Bali.

Baca juga: Kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak mulai berdatangan

"Kami apresiasi ASDP yang terus berinovasi, dengan adanya pembaharuan layanan penyeberangan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi, sekarang sudah terhubung Tol Trans Sumatera. Artinya, ASDP telah siap dengan konektivitas yang mumpuni dan tanggap terhadap pasar," ujar Syarif.

Ia menambahkan dengan hadirnya layanan feri yang cepat, aman dan nyaman tentu akan menarik pengguna jasa dan berdampak berantai terhadap pertumbuhan ekonomi di Merak, Cilegon, dan wilayah sekitar.

Sementara itu Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan pihaknya akan terus melakukan upaya pengembangan dan pengawasan terhadap layanan penyeberangan dan pelabuhan, khususnya di Merak-Bakauheni yang menjadi barometer layanan di seluruh Indonesia.

"Kami akan terus berinovasi dan terus meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna jasa agar dapat mengakses layanan transportasi massal yang manusiawi, andal, cepat, aman dan nyaman. Apa yang menjadi kebutuhan konsumen, hal tersebut yang harus dipenuhi secara berkelanjutan," tutur Ira.

Baca juga: Pelabuhan Merak kembali sepi

Pewarta : Adimas Raditya Fahky P
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar