Harga daging dan cabai di Kota Bogor mulai naik

id Harga komoditas ,Harga kebutuhan pokok,Pasar tradisional,Harga menjelang lebaran,Pasar di Kota Bogor,Perumda PPJ Kota Bogor

Harga daging dan cabai di Kota Bogor mulai naik

Pedagang ayam potong di pasar tradisional di Kota Bogor (ANTARA/HO/Pemkot Bogor)

Bogor (ANTARA) - Harga komoditas kebutuhan pokok yakni daging dan cabai merangkak naik di pasar tradisional di Kota Bogor pada Sabtu (8/5) atau H-6 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Pemantauan harga di 12 pasar tradisional di Kota Bogor yang dikelola Perumda PD Pasar Pakuan Jaya, terutama di Pasar Kebon Kembang dan Pasar Bogor, terpantau harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok mulai bergerak naik, seperti daging sapi daging ayam broiler serta cabai merah besar dan cabai rawit.

Harga daging sapi saat ini rata-rata sekitar Rp130.000/kg, sedangkan pada pekan pertama April masih sekitar Rp120.000/kg dan pada pekan kedua April mulai bergerak naik menjadi Rp122.000/kg.

Harga daging ayam broiler saat ini rata-rata sekitar Rp40.000/kg, sedangkan pada dua pekan lalu harganya Rp37.000/kg. Harga telur ayam beroiler pada tiga pekan lalu Rp21.000/kg, saat ini naik menjadi Rp24.000/kg. Meskipun harganya mulai naik, tapi pengunjung pasar terutama kaum ibu tetap ramai berbelanja di kios yang menjual daging sapi dan daging ayam.

Kemudian, cabe rawit merah, sebelum Ramadhan harganya Rp70.000/kg saat ini naik menjadi Rp75.000/kg, serta cabe merah besar sebelum Ramadhan harganya Rp50.000/kg saat ini sudah naik menjadi Rp56.000/kg.
Baca juga: Jaga pasokan kebutuhan pokok, Mendag tingkatkan sinergi pusat-daerah
Baca juga: BUMN pangan impor daging Brasil jaga stabilitas harga jelang Lebaran

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Muzakkir, ketika dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, menjelang lebaran, harga komoditas kebutuhan pokok, memang ada yang naik, tapi kenaikannya tidak signifikan. "Kalaupun ada harga yang naik, tapi kenaikannya tidak sampai 20 persen," katanya.

Ketika ditanya, apakah ada operasi pasar untuk menekan kenaikan harga, menurut Muzakkir, kenaikan harganya tidak signifikan serta stok komoditasnya tetap aman, sehingga tidak perlu dilakukan operasi pasar.

Menurut Muzakkir untuk menjaga stok komoditas pangan tercukupi, Perumda PPJ Kota Bogor melakukan kerja sama dengan daerah asal komoditas untuk menambah pasokan komoditas pangan ke Kota Bogor selama bulan Ramadhan hingga Lebaran 2021.

Untuk memasok ayam potong Pemerintah Kota Bogor bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ciamis, serta untuk memasok komoditas bawang merah Kota Bogor bekerja sama dengan Kabupaten Brebes.
Baca juga: Mendag dan Ridwan Kamil pantau harga kebutuhan pokok di Bandung
Baca juga: Mendag Lutfi memaklumi kenaikan harga daging ayam

Pewarta : Riza Harahap
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar