Menparekraf pastikan destinasi wisata terapkan protokol kesehatan

id menparekraf,sandiaga uno,destinasi wisata,protokol kesehatan ,pariwisata jakarta

Menparekraf pastikan destinasi wisata terapkan protokol kesehatan

Dokumentasi - Wisatawan mengunjungi kompleks Keraton Yogyakarta di DI Yogyakarta, Selasa (14/7/2020). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj/am.

Jakarta (ANTARA) - Destinasi wisata termasuk di ibu kota, Jakarta, dipastikan menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut kunjungan wisatawan saat libur Lebaran tahun ini di mana kebijakan larangan mudik diterapkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam keterangannya, Selasa, mengatakan pihaknya akan memastikan dan memantau penerapan protokol kesehatan di destinasi wisata agar destinasi wisata tidak menjadi kluster penyebaran COVID-19.

"Seperti di DKI Jakarta yang telah mengeluarkan kebijakan bagi destinasi wisata yang buka, kapasitasnya dibatasi maksimal 30 persen dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Menparekraf sangat berharap protokol kesehatan yang ketat ini dapat dijaga agar destinasi dan sentra ekonomi kreatif tidak menjadi pemicu klaster baru.

Salah satu destinasi wisata favorit yang telah memastikan untuk membuka kunjungan wisatawan di Jakarta selama libur lebaran dengan adalah Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) di Neo Soho Mall, Jakarta Barat.

Head of Social, Branding, and Communication JAQS Fira Basuki mengatakan protokol kesehatan tetap merupakan prioritas di JAQS.

"Jakarta Aquarium & Safari menjamin keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Seluruh karyawan dipastikan negatif COVID-19 setelah tes swab Antigen, serta divaksinasi. Dan kami melakukan tes secara rutin. Untuk tetap higienis, seluruh area kami disinfektan, tersedia wastafel dan hand-sanitizer di banyak titik di lokasi, dan kami sangat ketat dalam penjagaan jarak pengunjung, terutama saat menonton pertunjukan, serta pengunjung mengikuti marka di lantai,” katanya.

Selain itu, pihaknya memastikan pengunjung datang dalam keadaan fit dan sehat, sudah dicek suhu badannya, selalu memakai masker, dan tangan mereka pun selalu bersih.

JAQS menawarkan wisata edukasi fauna dengan lebih dari 3.500 spesies satwa akuatik maupun non-akuatik, bahkan yang hampir punah dan mungkin belum pernah terdengar namanya atau melihat wujudnya.

Beberapa atraksi wisata yang ditawarkan dalam libur Lebaran kali ini di antaranya foto bersama Queen of the Sea (penyelam ahli berkostum Ratu Laut), human claw, serta  makan bersama sambil memberi makan pinguin.

Selama libur Hari Raya Idul Fitri JAQS buka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB, khusus Hari Raya Idul Fitri hari pertama pukul 12.00-21.00 WIB.

Pewarta : Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar