program ini sudah kita persiapkan sejak awal Ramadhan
Padang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat mengirimkan 10 ton bantuan pangan dan logistik untuk ribuan umat Islam dan mualaf melalui Kapal Ramadhan Mentawai ke Kepulauan Mentawai.

Head Sub Regional ACT Sumbar Zeng Wellf di Padang, Selasa mengatakan bantuan pangan dan logistik ini dibagikan kepada para Muslim dan mualaf di Kepulauan Mentawai, terkhusus di Kecamatan Siberut Selatan dan Kecamatan Sikakap.

“Keberangkatan Kapal Ramadhan Mentawai ini dilepas secara simbolis oleh Gubernur Sumatera barat Mahyeldi Anshorullah pada Jumat 7 Mei 2021 lalu," ujar dia.

Ia menyebutkan tim yang berangkat terdiri atas dua tim, yakni pertama berangkat menuju Kecamatan Siberut Selatan dan tim kedua berangkat menuju Kecamatan Sikakap.

Baca juga: ACT Solok gulirkan gerakan sedekah pangan Ramadhan 1442 Hijriah

ACT Sumbar mengumpulkan bantuan Kapal Ramadhan Mentawai dengan melibatkan beberapa organisasi dan komunitas serta instansi pemerintahan, termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang ikut serta dalam pengumpulan dana sedekah infak dari masyarakat Sumatera Barat.

Ia mengatakan pengumpulan donasi, pangan dan logistik sudah digaungkan sejak awal Ramadhan 1442 Hijriah. Kemudian ACT Sumbar sudah menyiapkan Gudang Pangan atau Wakaf Distribusi Center sebagai tempat penyimpanan pangan dan logistik yang bertempat di Jalan Ikhlas Empat, Kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur.

Gudang itu merupakan tempat awal pangan dan logistik sebelum keberangkatan kapal ke Mentawai.

“Alhamdulillah, program ini sudah kita persiapkan sejak awal Ramadhan dengan menyiapkan gudang sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum kita salurkan ke masyarakat," kata dia.

Baca juga: ACT Sumbar bantu korban terdampak gempa di Sulawesi Barat

Ia juga mengatakan bantuan tersebut bertujuan untuk meringankan beban perekonomian masyarakat yang membutuhkan di bulan suci Ramadhan.

“Semoga bisa bermanfaat bagi saudara Muslim kita yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan di Mentawai," kata dia.

Selain itu, ACT Sumbar akan terus bergerak dalam kebaikan membantu saudara-saudara yang membutuhkan, baik di luar negeri maupun dalam negeri.

Baca juga: ACT Sumbar beri bantuan biaya hidup untuk 50 guru pesantren Al-Barkah
Baca juga: ACT sediakan Lumbung Sedekah Pangan di Masjid Al Falah Bukittinggi

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021